Mengenakan Toga, Tim Hukum Anies Ternyata Ikut Mengawal Duet Amin Menuju KPU

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Daftar Capres-Cawapres
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ada pemandangan menarik saat duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat daftar sebagai capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis, 19 Oktober 2023. Ratusan pengacara mengenakan toga ikut mengawal pendaftaran Anies-Cak Imin.

Kenalkan Gibran ke Syeikh MBZ, Prabowo Subianto: Yang Mulia, Ini Wakil Presiden Saya

Ratusan pengacara itu tergabung dalam Tim Hukum Nasional Anies Baswedan (THN ABW). Peran mereka turut mendampingi duet Anies-Cak Imin atau yang diakronimkan Amin mendaftar di KPU.

“Kami hadir untuk memastikan seluruh tahapan dilakukan dengan prosedur hukum yang benar," kata Ketua THN ABW Ari Yusuf Amir di Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Butuh Dukungan Rakyat dan Parpol untuk Wujudkan Janji Kampanye

Tim Hukum Nasional Anies Baswedan ikut mengantar Anies-Cak Imin daftar ke KPU

Photo :
  • Dok. Istimewa

Dia menyampaikan pihaknya tak akan mentolerir kecurangan sekecil apapun. Sebab, kata dia, yang dipertaruhkan dalam pemilu adalah kepentingan bangsa dan negara selama lima tahun ke depan.

Pilgub Banten 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Ari Yusuf menyebut para pengacara itu bergabung bersama puluhan ribu pendukung pasangan Anies-Muhaimin. Di kawasan menuju KPU, para advokat tampak kompak mengenakan toga, sebagai simbol profesi.

Menurut Ari Yusuf, THN ABW, sudah terbentuk di 30 provinsi dan 150 kabupaten/kota. Sedikitnya 5.000 advokat sudah tergabung dalam tim tersebut.

Lebih lanjut, dia menuturkan, dalam mengawal kepentingan hukum duet Amin, pihaknya siap bangun sinergi dengan para penyelenggara pemilu dan aparat penegak hukum demi mewujudkan Pilpres yang jujur dan adil.

“THN ABW akan bekerja secara profesional demi tegaknya marwah pemilu dan demokrasi di
Indonesia, dalam melahirkan presiden dan wakil presiden pilihan rakyat yang legitimate,” ujarnya.

Ketum Nasdem mengantar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Daftar Capres-Cawapres ke KPU.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pun, dia juga mengajak semua pihak bisa merawat komitmen kebangsaan untuk mewujudkan negara hukum yang berkeadilan. Ia menekankan penting negara hukum yang berorientasi bukan karena kepentinga kekuasaan, tetapi untuk pemenuhan kepentingan rakyat.

Saat mendaftar ke KPU, duet Amin tiba di kantor KPU, Jakarta, Kamis sekitar pukul 9.45 WIB. Pasangan Amin itu ditemani ketua umum dan petinggi partai dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Kemudian, duet Amin juga kompak mengenakan atasan putih  serta berpeci hitam sempat kesulitan memasuki Kantor KPU RI. Hal itu karena lautan massa pendukung di sepanjang Jalan Imam Bonjol.

Pasangan Amin juga jadi pasangan capres dan cawapres pertama yang mendaftarkan diri ke KPU. Duet itu didukung KPP yang terdiri atas NasDem, PKB, dan PKS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya