Lembaga Survei Trust Indonesia Beberkan Tips Menang Jadi Anggota Dewan

Ilustrasi Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyusun kotak suara pemilu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Jakarta – Direktur Eksekutif Trust Indonesia Azhari Ardinal mengatakan bahwa syarat dasar sebelum seorang calon anggota dewan disukai dan dipilih masyarakat adalah harus dikenal terlebih dahulu. 

PKB: Banyak yang Bilang Pertemuan Cak Imin dengan Prabowo Ibarat CLBK

“Secara proporsional, kandidat memang harus dikenal baik individu maupun kelompok lainnya,” katanya dalam webinar politik bertema Jurus Jitu Menang Jadi Anggota Dewan, Rabu kemarin, 18 Oktober 2023. 

Oleh karena itu, bagi Azhari, harus ada aktivitas riset dan pemetaan sebelum melakukan pembentukan relawan. Selanjutnya, ungkap dia, barulah kandidat melakukan rekrutmen dan aktivasi relawan serta mengaplikasikan skema mendatangi rumah warga (Canvassing door to door). 

Zulhas Respons Soal PKB-Nasdem Merapat ke Prabowo: Dulu Saya Dukung Katanya Pengkhianat

Warga menunjukan aplikasi DPT Online yang sudah terdaftar di DPS Pemilu 2024

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc

“Ada juga canvassing base community. Misalnya di pasar, ketemu pangkalan ojek online. Gimana caranya relawan kita datang ke sana tidak sekadar sampaikan pesan, tapi ngajak makan dan membuka ruang diskusi. kita sewa aja CO (Community Event Organizer),” ungkapnya. 

Hakim Arief Heran Tanda Tangan Surya Paloh Berbeda di KTP dengan Surat Kuasa

Azhari pun menegaskan calon kandidat juga mesti menyampaikan program-program yang akan dilakukannya. Penjelasan program tersebut penting untuk menjelaskan keunggulan kandidat dibandingkan dengan calon lainnya. 

"Kemudian soal tingkat kesukaan, calon legislatif harus mampu membuat branding program agar kandidat ini bisa disukai. Caranya yakni dengan memposting gagasan dan karakter agar masyarakat tahu dan bagaimana letak keunggulan calon tersebut," lanjutnya. 

Setelah dikenal dan telah menyampaikan program-program jika terpilih. Calon Legislatif menurut Azhari harus mampu mengunggulkan elektabilitas melalui aktifitas roadshow ke tokoh dan jaringan. 

Dalam kesempatan yang sama, Manager Riset Trust Indonesia, Hermawan menegaskan pentingnya data survei untuk pemenangan calon anggota legislatif. 

Pasalnya, survei merupakan alat yang paling rasional untuk memprediksi hasil perolehan suara di pemilu

"Survei merupakan salah satu pendekatan penting dan lazim dilakukan untuk mengukur, mengkalkulasi, dan memprediksi bagaimana proses dan hasil pemilu yang akan berlangsung," ungkapnya. 

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Penggunaan data survei, bagi Hermawan, menjadi bahan dasar untuk menyusun strategi pemenangan politik. Survei juga merupakan alat yang sangat penting terutama bagi pendatang baru dalam perpolitikan. 

"Survei ini merupakan faktor yang sangat penting agar kita dapat memprediksi seberapa besar kemenangan kita, terutama bagi new comer (pendatang baru)," ucap Hermawan.

"New comer dapat melihat seberapa besar peluang untuk menang. Tujuannya supaya para kandidat ini tidak merasa rugi yang mendalam secara finansial," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya