Riset PoliEco Digital Insights Institute, Yusril Raih Sentimen Positif Tertinggi Cawapres Prabowo

Anthony Leong, Direktur PoliEco Digital Insights Institute (Pedas)
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Ketua Umum Partai Bulan Bintang atau PBB, Prof Yusril Ihza Mahendra, meraih sentimen positif tertinggi untuk menjadi bakal cawapres pendamping capres Prabowo Subianto. Itu harsil dari riset dan pemantauan media oleh PoliEco Digital Insights Institute (Pedas).

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Direktur PoliEco Digital Insights Institute (Pedas), Anthony Leong, mengatakan adanya pergeseran ekspos media terhadap Yusril. Itu dikatakannya,  dalam Rilis Riset Big Data Detik-Detik Penentuan Cawapres Prabowo: Tiga Nama Cawapres Terkuat Prabowo Subianto, dikutip Jumat 20 Oktober 2023.

"Periode riset ini dalam jangka waktu 11 Oktober - 18 Oktober 2023.  Yusril mendapat sentimen positif tertinggi dengan 63,7 persen, disusul Erick Thohir 56,2 persen, dan Gibran Rakabuming Raka 52,8 persen," kata Anthony dalam konferensi persnya. 

PKB Hormati Sikap Gelora yang Tolak PKS Gabung ke Prabowo-Gibran

Lebih lanjut Anthony menjelaskan, bahwa percakapan yang menyangkut nama Gibran Rakabuming Raka 10.2 ribu, kemudian Erick Thohir 9,3 ribu, Yusril 8,9 ribu.  Namun itu harus dipisahkan lagi, perihal sentimennya. Anthony memaparkan hasilnya, yakni:

1. Yusril Ihza Mahendra, Sentimen Positif : 63.7 % , Sentimen Negatif : 16.8 % , Sentimen Netral : 19.5 %
2. Erick Thohir, Sentimen Positif : 56,2 % , Sentimen Negatif : 32.7 % Sentimen Netral : 11.1 %
3. Gibran Rakabuming Raka, Sentimen positif : 52,8 % , Sentimen Negatif : 40,7 % Sentimen Netral : 6,5 % 

Momen Prabowo Ditarik Wakil PM Singapura Lawrence Wong di Istana Bogor

"Gibran mendapatkan sentimen negatifnya sangat tinggi karena beberapa hal. Setelah kami teliti, sentimen negatif Gibran korelasinya dengan utusan MK soal batas minimum usia nyapres. Tapi masih dalam perdebatan yang wajar terjadi di dunia maya. Semua peluang masih besar," jelas Anthony. 

Sementara Yusril mengalami kenaikan signifikan, jelas dia, disebabkan oleh komentarnya tentang putusan MK tersebut. Selain itu, keputusan menjadikan Mahfud MD sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo, juga menaikkan nama Yusril dan dinilai bisa menjadi jalan tengah bagi koalisi pengusung Prabowo, Koalisi Indonesia Maju.

"Adanya beberapa top hashtag yang melekat dengan Yusril #cawapres #prabowo . Banyak juga komentar diberbagai medsos yang sepadan melawan Ganjar & Mahfud MD adalah Prabowo - Yusril," kata Anthony. 

Adapun top berita lainnya dari ketiga tokoh tersebut, perihal Erick dan Yusril  yang sudah membuat SKCK dan surat keterangan pengadilan. Untuk diketahui, ini digunakan untuk persyaratan ikut dalam Pilpres 2024.  Sementara Gibran berkaitan belum mengurus SKCK dan tidak ada rencana untuk cawapres.

"Data-data ini menarik, karena mengalami perubahan yang signifikan dengan peristiwa politik beberapa hari ini. Hari ini sudah dibuka pendaftaran Capres-Cawapres, dua pasangan telah mendaftar, tersisa Koalisi Indonesia Maju yang belum mengumumkan Cawapres kemudian mendaftarkan dirinya ke KPU. Tapi dua kandidat yang terkonfirmasi sudah terdaftar dan selesai administrasi menjadi cawapres," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya