Ganjar Pranowo Sebut Gibran Masih Tercatat sebagai Juru Kampanyenya hingga Kini

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo, menyebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hingga kini masih tercatat sebagai juru kampanye nasional tim pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Tegas Prabowo Subianto: Kalau Tidak Mau Diajak Kerja Sama, Jangan Ganggu

"Sampai hari ini [Gibran] masih [juru kampanye nasional], karena saya tidak pernah melihat statement dia mencabut (keluar dari daftar juru kampanye nasional), gitu," kata Ganjar, merespons pertanyaan wartawan tentang rumor Gibran bakal menjadi bakal cawapres Prabowo, saat ditemui di sela workshop nasional anggota DPRD Fraksi PPP se-Indonesia, di Jakarta, Jumat, 20 Oktober 2023.

Di sisi lain, Ganjar mengaku tak masalah bila nantinya Gibran menjadi cawapres Prabowo. Pasalnya, semua orang memiliki hak maju sebagai capres atau cawapres.

Pilkada Jakarta dan Jawa Barat, Zulhas Bilang PAN Tetap Bersama Gerindra

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • istimewa

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga optimis Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memberikan dukungan kepadanya pada Pemilu Presiden 2024.

Janji Prabowo Subianto ke PAN yang Setia Mendukungnya

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkit masalah etika politik merespons rumor bahwa Gibran Rakabuming sekaligus kader PDIP bakal menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto.

"Kalau isu kan banyak, kan ada yang mau mengambil jalan pintas, di mana etika-etika itu kemudian dikesampingkan. Padahal politik ini kan didasarkan pada nilai-nilai kebaikan," kata Hasto saat dihubungi, Jumat, 20 Oktober 2023.

Hasto juga menegaskan bahwa politik itu dibangun bertujuan untuk mewujudkan demokrasi untuk rakyat sehingga moralitas dan etika politik harus dikedepankan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

"Politik itu dibangun kepada upaya untuk mewujudkan demokrasi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Fundamennya adalah moralitas pemimpin etika politik nilai-nilai kebaikan atas asas kepatutan itu yang dikedepankan," katanya.

Gibran santer dikabarkan akan masuk Partai Golkar melalui keanggotaan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) yang merupakan organisasi masyarakat di bawah Partai Golkar.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut komunikasi sudah ada dengan Gibran. "Komunikasi sudah ada mengenai kegiatan," kata Airlangga Hartarto kepada wartawan di TMP Kalibata, Jakarta, Jumat, 20 Oktober 2023.

Saat disinggung soal Gibran bakal masuk Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia atau AMPI, Airlangga meminta masyarakat bersabar menunggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya