Dukungan Jokowi Dinilai Perbesar Peluang Kemenangan Prabowo di Pilpres 2024

Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo
Sumber :
  • Dokumentasi Kemhan

Jakarta – Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto memiliki peluang besar untuk bisa merebut kemenangan pada kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Adanya dukungan Presiden Jokowi, terbukti membuat elektabilitas Prabowo terus menguat. 

Prabowo: Tidak Boleh Ada Anak Menangis karena Kelaparan

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul menyatakan dukungan Presiden Jokowi terbukti menguatkan elektabilitas Prabowo jelang Pilpres 2024. Selain itu, adanya pemilih loyal yang dimiliki Prabowo juga turut serta memperkokoh posisi di urutan pertama di berbagai survei elektabilitas.

"Ketika pemilih loyal Prabowo ditambah dengan endorsement Jokowi, itu yang menurut saya mutlak yang menjadi stabilitas dari hasil survei yang memunculkan nama Prabowo," kata Adib ketika dihubungi, Jum’at 20 Oktober 2023.

Dasco Ungkap Kabar Terbaru soal Ide 'Presidential Club' yang Ingin Dibentuk Prabowo

Prabowo dan Jokowi

Photo :
  • Instagram

Berdasarkan hasil survei terbaru yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada periode 2 - 8 Oktober 2023, Prabowo secara meyakinkan berada di urutan pertama. Elektabilitas Prabowo menempati peringkat pertama mengalahkan capaian angka Capres PDIP Ganjar Pranowo sekaligus Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan. 

Prabowo: Beri Saya Waktu 4 Tahun untuk Sejahterakan Rakyat Indonesia

Di dalam hasil survei LSI tersebut, Prabowo berada di urutan pertama dengan total dukungan mencapai 37,0 persen. Kemudian diikuti dengan Ganjar yang berada di urutan kedua dengan 35,2 persen dan Anies yang berada di posisi buncit dengan 22,7 persen. 

Melihat hasil survei tersebut, Adib meyakini peluang Prabowo untuk bisa mendapatkan kemenangan di Pilpres 2024 sangat terbuka lebar. Menurutnya, Prabowo memiliki banyak keuntungan menghadapi pesta demokrasi mendatang. 

Prabowo Subianto, HUT Partai Golkar ke-59

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun keuntungan tersebut meliputi, endorsemen nyata dari Presiden Jokowi, pemilih yang loyal dan tidak berganti pilihan semenjak Pilpres 2019 silam serta adanya dukungan yang besar dari koalisi partai pendukung. Karenanya, Adib menyimpulkan, Prabowo merupakan kandidat capres yang memiliki peluang menang paling tinggi. 

"Menurut saya memang bahwa modal dasar dari Prabowo itu pertama memang suara loyal, endorsement Jokowi dan memang koalisi besar itu. Itulah yang memang menjadi kekuatan utama Prabowo," ujar Adib.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya