Kala Iriana Jokowi Acungkan Jempol Saat Ditanya soal Gibran Cawapres Prabowo

Ibu Iriana dan Presiden Jokowi
Sumber :
  • Tangkapan Layar: TikTok

SurabayaIbu Negara RI, Iriana Joko Widodo (Jokowi) memberikan respons menarik saat ditanya soal rumor putra sulungnya yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Iriana diketahui ikut mendampingi sang suami, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Apel Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden
Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Iriana yang mengenakan pakaian dan kerudung berwarna putih itu nampak menghampiri para santri saat acara selesai. Dia terlihat menyalami para santri dan mengiyakan ajakan foto bersama. 

Setelahnya, Iriana pun berjalan dengan didampingi ajudan. Di momen inilah Iriana mendapatkan pertanyaan terkait dengan Gibran yang digadang-gadang menjadi bakal cawapres Prabowo. 

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Mendengar pertanyaan itu, Iriana tidak bersuara. Dia justru memberikan gesture jempol untuk menjawab pertanyaan awak media perihal anaknya yang dikabarkan menjadi cawapres. Tak lama, Iriana pun lanjut berjalan dengan didampingi ajudannya. 

Presiden Joko Widodo menggandeng cucu Jan Ethes (kedua kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan), putra Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan istri Selvi Ananda (kedua kanan), putri Kahiyang Ayu (tengah) bersama suami Bobby Nasution.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jokowi Restui Gibran Jadi Cawapres

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka diusulkan menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo. Usul itu disampaikan Partai Golkar dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Ditanya mengenai usulan itu, Presiden Jokowi mengatakan dirinya sebagai orang tua hanya bisa mendoakan dan merestui langkah sang anak.

Presiden Jokowi usai acara peringatan Hari Santri 2023 di Surabaya

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

"Ya orang tua itu hanya tugasnya mendoakan dan merestui," kata Jokowi kepada wartawan di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 22 Oktober 2023.

Jokowi menyatakan, Gibran sudah dewasa sehingga tidak patut untuknya ikut campur dalam keputusan sang anak. Termasuk jika Gibran menerima dan menjadi cawapres Prabowo. 

"Keputusannya karena sudah dewasa jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita," ungkapnya.

"Orang tua itu hanya mendoakan dan merestui," tegas Jokowi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya