Jokowi Effect Usai Gibran Cawapres: Prabowo Untung, Ganjar Buntung

Menhan Prabowo Subianto (tengah) bersama Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Tim Media Prabowo

Jakarta – Pengaruh Presiden Joko Widodo atau Jokowi diyakini bakal mendongkrak suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, pasca dideklarasikan oleh Koalisi Indonesia Maju, Minggu malam. 

Cerita Zulhas Sempat Tolak Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maunya Erick Thohir

Seperti ramalan banyak lembaga survei, Jokowi masih menjadi varibel penting dalam peta politik nasional dalam Pemilu 2014. Selain posisinya sebagai pemegang kekuasaan, popuaritas Jokowi juga masih sehinggi tinggi mampu memberikan 'Jokowi Effect' atau Efek Jokowi kepada calon yang didukungnya.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) memotret fenomena Jokowi Effect pada Pilpres 2024. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan belum lama ini, LSI melihat fenomena Jokowi Effect memberikan dampak signifikan bagi dua paslon Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud. 

Kala Prabowo Kenang Masa Digembleng Senior di TNI, Begini Kisahnya

Rakernas Projo VI, Presiden Jokowi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dengan majunya Gibran sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto, dan mendapat dukungan penuh dari Presiden Jokowi, maka dukungan terhadap Prabowo naik menjadi 39,2 persen. 

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

Sementara dukungan Jokowi kepada Prabowo-Gibran ini justru menggerus suara Ganjar Pranowo turun menjadi 25,4 persen dari 30,9 persen. Sedangkan Anies Baswedan tidak terlalu berpengaruh dengan 19,3 persen. 

"Tampak dukungan pada Prabowo meningkat, sementara dukungan pada Ganjar menurun, dukungan Anies tidak banyak berubah," kata peneliti LSI Djayadi Hanan dikutip Senin, 23 Oktober 2023.

Relawan Presiden Joko Widodo di Surabaya.

Photo :
  • Dok. Relawan Jokowi.

Diketahui, survei LSI dilakukan pada 16-18 Oktober 2023, terhadap WNI berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Sebanyak 1229 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya