Prabowo Temui SBY Sebelum Daftar ke KPU, Yusril: Itu Tradisi, Kulo Nuwun ke Mantan Komandan

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra di Kediaman Prabowo, Kertanegara, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto sowan ke Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediamannya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 25 Oktober 2023 pagi. Hal itu dilakukan Prabowo sebelum mendaftar ke KPU RI.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan, hal itu dilakukan Prabowo sebagai bentuk menghormati mantan komandannya semasa aktif di militer.

"Hanya mau menghormati sebagai bekas komandan, itu tradisi dalam tentara meskipun sudah tidak menjabat lagi tapi kalau akan melakukan satu langkah, yang penting itu harus permisi, kulo nuwun dulu kepada mantan komandan. Pak SBY mantan komandan beliau," ucap Yusril kepada wartawan, Rabu, 25 Oktober 2023. 

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Prabowo Subianto bertemu SBY.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Sebelumnya diberitakan, bakal capres Prabowo Subianto dijadwalkan akan mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu, 25 Oktober 2023. Prabowo bersama bakal cawapres pendampingnya Gibran Rakabuming serta rombongan Koalisi Indonesia Maju akan ke KPU.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Namun, sebelum pendaftaran itu, Prabowo akan sowan menuju kediaman Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Ketua Umum Partai Gerindra itu tampak hanya ditemani sejumlah ajudannya dengan mengendarai mobil. Tak ada petinggi KIM menemani Prabowo menemui SBY ke Cikeas. 

Prabowo berangkat menuju Cikeas dari kediaman rumah dinasnya, Widya Chandra, Jakarta Selatan. "Saya mau ke Cikeas, mau pamit dengan senior saya pak SBY," kata Prabowo saat diwawancara tvOne di lokasi.

Dia mengaku tak ada persiapan menuju pendaftaran ke KPU. Dia menuturkan keluarga akan selalu bersama dirinya.

Usai dari Cikeas, Prabowo akan pulang ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan. Di Kertanegara, Prabowo dan petinggi KIM akan berkumpul. Rencananya, bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka juga kemungkinan ada di Kertanegara.

Dari Kertanegara, duet Prabowo-Gibran akan menuju Indonesia Arena, Senayan, Jakarta. Di lokasi tersebut, Prabowo-Gibran rencananya akan menyampaikan orasi politiknya di depan massa relawan pendukung.

Selanjutnya, Prabowo-Gibran dan rombongan KIM akan mendaftar ke KPU. Titik pertemuan menuju gedung KPU diperkirakan dari Taman Suropati dengan Prabowo-Gibran akan diarak dengan kirab budaya.

Prabowo-Gibran mendaftar sebagai pasangan bakal capres dan bakal cawapres ke KPU di hari terakhir pada 25 Oktober 2023. Sebelumnya, dua pasangan rival yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sudah mendaftar pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya