PDIP Angkat Bicara Soal Kans Khofifah dan Ridwan Kamil Gabung TPN Ganjar-Mahfud

Anggota Komisi VI DPR Fraksi PDIP Deddy Yevri Hanteru Sitorus
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDIP, Deddy Yevri Sitorus angkat bicara soal peluang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Momen Megawati Disambut Patung Pria Kurus Hidung Panjang di Pameran Butet

Jika Ganjar melakukan komunikasi, kata dia, maka itu merupakan langkah yang baik. "Saya kira itu niat yang baik dan mulia ya. Karena Ibu Khofifah itu kader NU tulen, memimpin muslimat NU sudah cukup lama disenangi oleh para ibu-ibu terutama dari Nahdliyin. Beliau juga pernah menteri, beliau juga sekarang adalah Gubernur Jawa Timur," kata Deddy kepada wartawan di Sekretariat TKRPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

Kendati begitu, PDIP belum memastikan Khofifah akan merapat dan bergabung dengan TPN Ganjar-Mahfud. Sebab, Khofifah masih sibuk menjabat Gubernur Jawa Timur.

Megawati dan Cucu Suka K-Pop

Capres Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

"Tetapi kan nanti tinggal bagaimana Ibu Khofifah di tengah kesibukannya sebagai gubernur tentu kan harus menimbang-nimbang ya. Tapi kami kan juga atau katakanlah Pak Ganjar juga kan harus menunjukkan good will untuk mengajak siapa," kata Deddy.

Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

Sementara untuk peluang Ridwan Kamil bergabung ke TPN Ganjar-Mahfud, Deddy menyebutkan, sebagai kader suatu partai tentu harus taat pada peraturan dan tidak boleh berbeda jalan. Mengingat, Ridwan Kamil merupakan kader Partai Golkar.

"Tahun lalu masuk ke partai Golkar, sebelumnya bukan anggota partai politik. Tentu beliau juga harus menjaga fatsun sebagai kader partai politik, tentu tidak boleh berbeda jalan atau berbeda garis dengan partainya itu. Itu adab yang paling dasar dari seorang politisi," katanya.

Sebelumnya, pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat dukungan dari putri Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid dan Barisan Kader Gus Dur. 

Ganjar juga mengaku masih terbuka soal kemungkinan nama lain untuk bergabung ke Tim Pemenangan Nasional (TPN), dan memberi isyarat nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

"Iya sih (mau tarik Khofifah)," kata Ganjar saat ditanya wartawan soal kemungkinan mengajak Khofifah, di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, pada Sabtu, 28 Oktober 2023. 

Ganjar mengakui bahwa komunikasinya dengan Khofifah terus berjalan baik. Sehingga, diharapkan bisa menghasilkan keputusan bersama untuk bergabung. 

"Saya komunikasi terus menerus, ketika saya ke Jawa Timur. Bu Khofifah saya di sini, ya mudah-mudahan sukses, karena saya sangat baik sama beliau," ucap Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya