Visi Misi Prabowo-Gibran Dinilai Kuatkan Dukungan dari Generasi Muda

Tes Kesehatan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Visi dan misi pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka dinilai mampu menguatkan dukungan dari generasi muda. Ini menjadi faktor penentu bertahannya dukungan anak muda ke Prabowo-Gibran.

Tegas Prabowo Subianto: Kalau Tidak Mau Diajak Kerja Sama, Jangan Ganggu

Dengan visi misi dan program yang menguntungkan untuk anak muda, maka Prabowo dan Gibran semakin kuat di Pilpres 2024. Sehingga, selain karena ketokohan Prabowo, faktor visi misi dan program juga sangat dibutuhkan agar terus mendapatkan suara anak muda.

"Masih ada banyak faktor lain seperti soal visi misi yang memang hendak diangkat oleh Prabowo dan Gibran," kata Pengamat Politik Universitas Multimedia Nusantara, Silvanus Alvin dalam keterangannya, Selasa, 31 Oktober 2023.

Pilkada Jakarta dan Jawa Barat, Zulhas Bilang PAN Tetap Bersama Gerindra

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lanjutnya, hal itu dikarenakan generasi muda cenderung lebih melihat kepada program-program yang konkret. Kelompok Milenial dan Gen Z lebih melihat kepada gagasan yang diutarakan setiap kandidat, bukan hanya sekedar jargon-jargon.

Janji Prabowo Subianto ke PAN yang Setia Mendukungnya

"Gen-z dan milenial lebih memikirkan soal hal konkret bukan jargon," ucapnya.

Alvin menilai, kondisi generasi muda yang sudah terkontaminasi dengan dunia digital mampu melihat berbagai macam informasi. Sehingga, generasi muda dengan mudah membandingkan pemimpin Indonesia dengan pemimpin-pemimpin negara lain.

Hal itu menjadikan generasi muda memiliki tolok ukur tersendiri dalam menentukan kriteria seorang pemimpin. Bermodalkan beragam informasi tentang kualitas pemimpin negara lain, anak muda secara tidak langsung mendambakan sosok pemimpin yang berkualitas dan berkompeten secara nasional maupun internasional.

"Hal ini terjadi karena mereka sudah terpapar dengan informasi yang beragam dan bisa dengan mudah melakukan komparasi dengan negara maju lainnya," pungkasnya.

Prabowo dan Gibran di Indonesia Arena, Senayan.

Photo :
  • Gerindra Tv

Diketahui, Prabowo dan Gibran memiliki delapan misi yang akan direalisasikan ketika menerima amanah masyarakat untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya. Kedelapan gagasan tersebut mencakup seluruh aspek kebutuhan masyarakat Indonesia.

Misi pertama mereka adalah memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM). Kedua, memperkokoh sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa dengan mewujudkan swasembada pangan, energi, hingga air.

Ketiga, Prabowo-Gibran hendak meningkatkan lapangan kerja berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pembangunan infrastruktur. Keempat, memperkuat pembangunan SDM, sains, teknologi, pendidikan, kesehatan dan memperkuat peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.

Kelima, melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Keenam, melakukan pembangunan dari bawah dan dari desa untuk mewujudkan pemerataan ekonomi dan memberantas kemiskinan.

Ketujuh, memperkuat reformasi di bidang politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba. Terakhir, memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya. Juga meningkatkan toleransi antarumat beragama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya