Unggul Dalam Survei, Relawan Kawan Gibran Bilang Simbol Regenerasi

Kornas Kawan Gibran, Ali Muthohirin
Sumber :
  • Relawan Kawan Gibran

Jakarta – Hasil beberapa survei terbaru menyebut kalau Prabowo Subianto yang saat ini berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres, berada di puncak. Salah satu faktornya, ditengarai munculnya Gibran.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Relawan Kawan Gibran, yang menjadi pendukung Gibran Rakabuming, menyebut survei itu tinggi karena faktor pemilih muda, generasi milenial hingga gen z. Semakin diperkuat dengan isu anak muda yang diangkat Gibran.

”Mas Gibran bukan sekadar simbol anak muda. Simbol regenerasi politik dari kalangan muda. Namun, dia juga mewakili kegusaran anak muda akan regenerasi politik di negeri ini,” kata Koordinator Nasional (Kornas) Kawan Gibran, Ali Muthohirin, dalam keterangannya, Selasa 31 Oktober 2023.

Menyongsong Revolusi Pendidikan, Workshop Daring tentang Etika dan Budaya Digital

Setidaknya dari data yang ada di KPU tentang daftar pemilih tetap atau DPT, sebanyak 52 persen pemilih 2024 adalah pemilih muda. Yakni mereka yang berusia 17-30 tahun sebanyak 31,23 persen atau sekitar 63,9 juta jiwa, Pemilih berusia 31-40 tahun ada 20,7 persen atau sekitar 42,4 juta jiwa. Dengan data itu, menurut Ali Muthohirin, sudah saatnya anak muda ambil bagian dalam kepemimpinan negara.

”Tentu saja tidak sekadar muda, melainkan muda dan berprestasi. Dalam hal ini, Mas Gibran bisa mewakili itu,” lanjut mantan Ketua Umum DPP IMM itu.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Di Jawa Timur, survei Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah Surabaya kepada pemilih muda, menunjukkan Prabowo unggul. Dimana Prabowo-Gibran meraih 35 persen. Masih unggul dari Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang meraih 31 persen. Sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (24 persen). Survei dilakukan kepada pemilih berusia 17-40 tahun atau generasi Z dan milenial.

Begitu juga survey Indikator Politik Indonesia, dimana Prabowo juga unggul. Survei dilakukan seluruh Indonesia dengan 2.567 responden yang dibagi dalam Gen Z (17-26 tahun) dan generasi milenial (27-42 tahun).
Prabowo unggul dengan 38,1 persen di gen z. Sedangkan Ganjar Pranowo (34,8 persen) dan Anies Baswedan (22,7 persen). Prabowo juga unggul di kalangan generasi milenial. 

Untuk electoral, Ali mengatakan keberadaan Gibran bisa membantu Prabowo untuk mendongkrak suara. Apalagi gaya komunikasi yang santun ditunjukkan olehnya.

”Pesan dari Mas Gibran sudah jelas dan tegas. Tidak perlu menyibukkan diri berantem di media sosial. Bahkan, Mas Gibran memberikan pesan, kalau ada kritik, bahkan bully-an di media sosial, tetap tenang, tidak perlu ditanggapi,” jelas Ali Muthohirin.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pesan itu sangat penting bagi para pendukung, termasuk relawan Kawan Gibran. 
”Intinya, lebih fokus kepada konsolidasi. Silakan unggulkan program dan tokoh yang diusung. Tidak perlu menjelekkan pihak lain. Itu bukan gaya Kawan Gibran,” kata mahasiswa Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya