Eks Wakapolri Adang Daradjatun Kritik Hasil Rakerpus PP Polri Dukung Ganjar-Mahfud

Adang Daradjatun Gelar Jumpa Pers di Kediamannya
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKS Komjen (Purn) Adang Daradjatun mengkritik hasil Rapat Kerja Pusat (Rakerpus) Persatuan Purnawirawan (PP) Polri yang menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Adang menilai seharusnya para purnawirawan Polri diberi kebebasan untuk memilih sendiri pasangan calon yang akan didukung.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

"Saya pikir setiap anggota pensiunan Polri itu dibebaskan untuk memilih siapa yang memang dia akan pilih. Tidak ada rakerpus itu mengarahkan bahwa pensiunan harus memilih salah satu capres dan cawapres," ujar Adang di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 1 November 2023.

Adang Daradjatun Gelar Jumpa Pers di Kediamannya

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Menurutnya, meski sudah pensiunan, PP Polri seharusnya tetap berpegang teguh setia pada kepolisian dan negara. Sebaliknya, kata dia, bukan mengarahkan untuk berpihak kepada salah satu pasangan calon.

"Pada saat dibentuk PP Polri itu jelas sekali dalam ketentuannya bahwa kita ini nya saja ya, istilahnya statement-nya tetap setia, ditandainya tetap setia, jadi kita tetap setia kepada kepolisian dan negara. Jadi tidak setia atau berpihak ke salah satu golongan atau apapun juga," ungkapnya.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Adang menuturkan jika hal tersebut baru pertama kali terjadi pada saat ini. Bahkan, kata dia, banyak para purnawirawan Polri yang merasa terkejut dengan hasil Rakerpus PP Polri.

"Belum pernah (terjadi sebelumnya), malah maaf pembina-pembina PP Polri sendiri telepon ke saya, mantan-mantan Kapolri ya, 'Loh kok ini aneh, saya sebagai pembina tidak diajak rapat, kok statement itu sudah keluar gitu'," jelas dia.

"Nggak ada, dulu nggak ada arahan-arahan seperti itu. Jadi silakan sebagai pensiunan memilih sendiri mana yang diinginkan," sambung eks Wakapolri ini.

Adang pun khawatir akan ada perpecahan di internal PP Polri usai adanya hasil rakerpus tersebut. Terlebih, Adang pun merupakan salah satu purnawirawan Polri.

Adang Daradjatun Gelar Jumpa Pers di Kediamannya

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

"Lebih terpecah lah kalau saya bilang mah. Karena kan toh sebaikanya sebagai PP Polri menyatakan bahwa 'Anda sudah purnawirawan, bisa memilih, pilihlah yang Anda suka'. Tapi bukan merupakan hasil rakerpus lalu mengumpulkan para pengurus, supaya memilih si A, itu udah nggak baik," tuturnya.

Persatuan Purnawirawan (PP) Polri sebelumnya resmi menyatakan dukungan ke pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md di Pilpres 2024. Keputusan itu diambil usai rapat kerja pusat (rakerpus) PP Polri.

"Rapat tadi menghasilkan suatu keputusan, salah satunya adalah dukungan daripada PP Polri sampai dengan 3 ranting kepada Pak Ganjar dan Pak Mahfud Md," ujar Mantan Wakapolri Komjen (Purn) Gatot Edy usai Rakerpus di Jalan Darmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa, 31 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya