Gibran Rakabuming Raka Temui Gus Miftah, Termasuk Bahas Dana Abadi Pesantren

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Solo – Bakal calon wakil presiden atau cawapres, yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka, menemui KH Miftah Maulana Habiburrrahman atau Gus Miftah, yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji di Selman, Yogyakarta, 1 November 2023. 

Andi Mallarangeng Ungkit Dahulu Ada Partai Pemerintah tapi Berperilaku Seperti Oposisi

Kedatangan Gibran yang hingga saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, adalah dalam rangka kunjungan balasan.

"Iya, iya (tadi abis temui Gus Miftah). Kunjungan balik karena beliau sudah berkali-kali ke sini (Balai Kota Solo), saya baru ke sana sekali. Ini harus kunjungan balik," kata Gibran saat ditemuui wartawan di Balai Kota Solo, Rabu, 1 November 2023.

Andi Mallarangeng: Bagus kalau Ada Satu Partai Besar di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran

Kunjungan Gibran ke Ponpes Ora Aji, atas undangan Gus Miftah yang telah dikirimkan beberapa waktu lalu. Sebelumnya putra sulung Presiden Jokowi, itu juga mengaku sempat bertemu dengan Gus Miftah saat akan mendaftarkan diri sebagai cawapres bersama dengan capres Prabowo Subianto di KPU pada Rabu pekan lalu. 

"Ini diundang dan sudah janjian. Kemarin sempat ketemu bentar tok (sebentar saja), salim aja. abis itu ramai banget," ujar dia.

Politikus Gerindra Sebut Tidak Sulit Merangkul PKB ke Koalisi Prabowo-Gibran

Pertemuan yang berlangsung pada hari kerja itu, Gibran mengaku membahas berbagai persoalan dengan Gus Miftah. Yakni meliputi moderasi beragama dan bertukar pikiran soal dana abadi pesantren dan lainnya. 

"Tadi kami juga minta masukan, misalnya untuk program-program seperti, nanti lah jangan dibocorin dulu," kata dia.

Ketika disinggung terkait Gus Miftah apakah masuk dalam tim sukses capres dan cawapres yang diusung KIM, ia mengatakan bahwa hal tersebut akan diumumkan lebih lanjut oleh Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. 

"Setahu saya, besok-besok Pak Rosan yang akan memngumumkan. Besok siang ya," ucapnya.

Berdasarkan video yang diunggah di akun media sosial milik Gus Miftah, Gibran tampak datang ke Ponpes Ora Aji menggunakan mobil dinasnya yang dipasangi stiker branding FIFA World Cup U-17 2023. 

Setelah turun dari mobil berplat nomor AD 1 A, Gibran langsung menyalami dan mencium tangan Gus Miftah. Setelah itu, mereka langsung saling berpelukan. Gus Miftah yang mengenakan jersey Timnas Indonesia langsung mempersilahkan Gibran untuk masuk ke dalam rumahnya yang menyatu dengan komplek ponpes.

Setelah itu, Gibran dan Gus Miftah langsung naik ke lantai atas rumah tersebut. Kemudian mereka tampak duduk santai dan ngobrol. Pertemuan itu pun ditutup dengan sarapan bersama. 

Gus Miftah tampak mempersilahkan kepada Gibran untuk menyantap beraneka menu yang dihidangkan. Sarapan selesai, Gibran pun pamit dan kembali mencium tangan Gus Miftah sebelum masuk ke dalam mobil dinasnya sebagai Wali Kota Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya