Pj. Gubernur Bali Bantah Tudingan Pencopotan Baliho Ganjar-Mahfud Bermuatan Politik

Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

Bali - Pj Gubernur Bali, SM. Mahendra Jaya menepis tudingan bahwa pencopotan baliho capres-cawapres jelang kunjungan Presiden Jokowi ke Bali bermuatan politis. Menurut Mahendra Jaya, penertiban murni mengacu pada protap kunjungan kenegaraan, baik itu Presiden maupun Wakil Presiden. 

Tokoh Hindu Sebut World Water Forum ke-10 Dapat Tingkatkan Perekonomian Warga Bali

"Agar masyarakat tak mempersepsikan hal itu sebagai tindakan tendensius terhadap partai atau kelompok tertentu, itu tidak ada muatan politis sama sekali," jelas Mahendra Jaya, kepada awak media yang dikutip Kamis 2 November 2023.

Baliho PDIP bergambar Ganjar-Mahfud diturunkan Satpol PP di Gianyar Bali

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh
Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Mahendra Jaya merasa perlu meluruskan pemberitaan dan video terkait pencopotan alat sosialisasi pada saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo di Pasar Bulan dan Balai Desa Batubulan Kabupaten Gianyar. 

“Saya jelaskan bahwa penertiban alat sosialisasi pada lokasi acara merupakan keputusan rapat koordinasi wilayah dalam rangka persiapan Kunker Presiden ke Bali yang dihadiri unsur Forkopimda Provinsi,” jelasnya.

Gelar Reforma Agraria Summit 2024, Kementerian ATR: Tindak Lanjut Deklarasi Karimun 2023

Rakorwil berlangsung di Ruang Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Minggu 29 Oktober 2023. Koordinasi itu dihadiri perwakilan dari Pemkab Badung dan Gianyar serta tim advance.

Salah satu hasil Rakorwil adalah menyepakati pembersihan dan merapikan jalur, khususnya terkait keberadaan alat sosialisasi yang tidak ada kaitannya dengan substansi kunjungan Presiden RI. 

“Peserta Rakorwil sepakat untuk merapikan dan membersihkan jalur kunjungan dalam radius 20 meter. Termasuk keberadaan baliho, spanduk dan alat sosialisasi yang tak ada kaitan dengan substansi kunjungan presiden,” jelasnya.

Perwakilan Pemkab Gianyar yang hadir diminta berkoordinasi dengan pemilik alat sosialisasi yang terpasang di sekitar lokasi kunjungan presiden, baik itu milik parpol, calon legislatif maupun tim sukses. 

Namun sayangnya, hingga satu jam sebelum acara, alat sosialisasi itu masih terpasang. Sehingga, Pemprov Bali menurunkan Satpol PP untuk merapikannya. 

Jika saja Pemkab Gianyar melakukan koordinasi dengan pihak pemilik alat peraga, dirinya memastikan Satpol PP Bali tak perlu turun langsung melakukan penertiban. Mahendra Jaya mengatakan, yang dilakukan jajaran Satpol PP Bali hanya merapikan. 

“Sesuai dengan hasil Rakorwil, petugas kita hanya merapikan alat sosialisasi yang miring dan hampir jatuh serta  yang dipaku di pohon," kata Mahendra Jaya.

Baliho PDIP bergambar Ganjar-Mahfud diturunkan Satpol PP di Gianyar Bali

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Alat sosilisasi itu sama sekali tak dihilangkan. Hanya, dipindahkan ke tempat yang semestinya. "Yang kita rapikan bukan hanya alat sosialisasi yang berkaitan dengan Capres dan Cawapres tertentu, tapi termasuk yang lain seperti milik caleg dan partai,” jelasnya.

Setelah kunjungan Presiden usai, Mahendra Jaya mengatakan, alat sosialisasi dikembalikan seperti semula. “Kami di Pemprov Bali berkomitmen selalu menjaga netralitas ASN,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya