Eks Wakapolri Protes Namanya Dicatut Din Syamsuddin saat Kunjungan ke NasDem

Mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin,
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

JakartaWakil Ketua Umum DPP Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin Kambo protes kepada eks Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin karena namanya dimasukkan dalam daftar rombongan saat berkunjung ke NasDem Tower Jakarta Pusat, Senin, 6 November 2023

Ketua Nasdem Lucky Hakim Daftar Calon Bupati Indramayu di PKB

Dalam daftar rombongan yang beredar di kalangan awak media, tertulis bahwa Din Syamsuddin mengajak 15 tokoh, dan Syafruddin dimasukkan dalam daftar tersebut. Padahal saat di lokasi, Syafruddin tidak terlihat hadir.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) bersama dengan mantan ketua umum Muhammadiyah Din Syamsuddin (kiri) berbincang saat akan melakukan pertemuan tertutup di NasDem Tower, Jakarta, Senin, 6 November 2023.

Photo :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga
PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Pensiunan Jenderal Bintang 3 Polri itu menegaskan bahwa sudah menolak permintaan Din Syamsuddin untuk ikut dalam rombongan kunjungan ke NasDem Tower. Ia mengatakan, posisinya saat ini melarang dirinya terlibat dalam politik praktis.

"Kemarin saya sudah bilang ke Pak Din, saya tidak terlibat politik praktis, Dewan Masjid tidak boleh dibawa ke dalam politik, tapi nama saya tetap dimasukkan ke dalam daftar rombongan," ucap dia tegas, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa, 7 November 2023.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Ia pun menyayangkan, Din Syamsuddin yang masih mencantumkan namanya dalam daftar rombongan yang hadir dalam kunjungan bernuansa politis tersebut. Sebab, tutur dia, kunjungan Din Syamsuddin ke NasDem merupakan bentuk dukungan terbuka kepada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Ketua Asfa Foundation ini menekankan, dirinya tidak hadir dalam pertemuan tersebut, termasuk juga pada pertemuan-pertemuan yang bernuansa politis lainnya. Ia mendesak agar Din Syamsuddin untuk segera meralat soal ini.

"Sekali lagi saya meminta Pak Din untuk segera meralat ke semua media yang memuat pemberitaan soal kehadiran saya di pertemuan kemarin. Sekali lagi saya tekankan, dewan masjid tidak boleh terlibat politik, saya pun demikian menolak terlibat di politik praktis," tutur dia.

Diketahui, mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin tiba di NasDem Tower, Jakarta Pusat Senin, 6 November 2023. Ia datang bersama sejumlah tokoh agama dan langsung disambut oleh jajaran partai NasDem di antaranya Sekjen Partai NasDem, Hermawi Taslim, Ketua DPP Partai Nasdem, Effendi Choiri beserta jajaran lainnya.

Sekadar informasi, usai pensiun dari kepolisian, Syafruddin dikenal sebagai sosok yang bergerak dalam bidang kemanusiaan dan pendidikan berskala nasional maupun internasional. 

Sepak terjangnya di dunia Internasional tak perlu diragukan, sebut saja bagaimana upayanya bersama ASFA Foundation dan  Liga Muslim Dunia untuk membahas perdamaian dunia, pendidikan dan kemanusiaan.

Wakil Ketua Umum DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin

Photo :
  • Dok. Istimewa

Bahkan secara khusus Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syaikh Muhammad Abdul Karim Al-Isa mengajak Syafruddin untuk membahas rencana penyelenggaraan Konferensi Cendekiawan Muslim Dunia. Rencananya, konferensi ini akan dihadiri para tokoh etnis dan agama dari belahan dunia.

Keterlibatannya di kancah internasional memang memposisikan dirinya sebagai vote getter, tapi Syafruddin menolak untuk ditarik-tarik ke politik praktis. Ia menyebut ingin netral dan fokus dalam mendorong kemajuan di bidang pendidikan dan kemanusiaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya