Respon Sandiaga Uno Soal Anies Yakin Menang Satu Putaran

Ketua Bappilu PPP, Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP, Sandiaga Uno yang mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memprediksi Pemilu Presiden 2024 akan berjalan dua putaran.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Hal ini berbeda dengan prediksi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) kalau Pilpres 2024 hanya satu putaran saja.

"Survei yang kami miliki memang tidak di-publish, tapi sudah disampaikan data TPN menunjukkan bahwa persaingan antara dua kandidat teratas ini, perlu kerja keras untuk bisa memastikan keunggulan kita," kata Sandi di DPP PPP, pada Minggu, 12 November 2023.

Forum Investor di Abu Dhabi, Menteri Sandiaga Beberkan Keuntungan Investrasi Parekraf di Indonesia

Dia menambahkan dengan adanya 20 persen calon pemilih yang belum menentukan pilihan, maka pihaknya sangat realistis terbuka untuk dua putaran.

"Dapat kita prediksi bahwa dengan situasi sekitar 20 persen yang belum menentukan pilihan, maka kami secara realistis untuk di Pilpres ini terlihat terbuka sekali untuk putaran kedua," ucapnya.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Sandiaga juga membeberkan bahwa setiap peserta Pilpres memiliki survei internalnya masing-masing. Menurut dia, survei itu tidak akan disebarluaskan karena merupakan gambaran yang pasti.

"Ya kalau survei internal itu saya yakin, ini semua kontestan punya survei yang tidak akan pernah mereka publish dan itu adalah gambaran yang real," jelas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini.

Anies dan Cak Imin saat mengendarai Vespa di Ponpes Mambaul Maarif.

Photo :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Seperti diberitakan sebelumnya, Anies-Cak Imin yakin akan memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran.

"Bapak Abdul Muhaimin Iskandar. Satu putaran? Insya Allah," kata Anies saat menyapa Cak Imin dalam acara Bimtek anggota legislatif Fraksi Partai NasDem seluruh Indonesia di Hotel Grand Paragon, Jakarta Barat, pada hari Minggu.

Sementara bakal calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, percaya diri akan memenangkan Pilpres 2024 hanya dalam satu putaran. Cak Imin diketahui maju mendampingi bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan, yang diusung Partai Nasdem, PKB dan PKS.

Hal itu dikatakan Cak Imin, saat bertemu dengan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat, 3 November 2023.

"Melihat tanda-tandanya, satu putaran menang, itu juga ada. Peluang yang ada karena survei kami terbaru, masih rahasia," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jumat, 3 November 2023. 

Cak Imin menyebut, hasil survei pasangan Amin (Anies-Cak Imin) yang anjlok di beberapa lembaga survei akan dijadikan masukan bagi pihaknya. "Yang kita lihat sebagai masukan, yang kita cari survei paling negatif yang kita cari. Kita sangat optimis, kelonjakan perolehan itu sangat signifikan," ungkapnya.

Terlebih, kata dia melalui survei internal, tiga pasangan capres-cawapres baik Anies Baswedan – Cak Imin, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo – Mahfud MD, memiliki perolehan elektabilitas yang tak jauh beda.

"Bahkan, survei saat ini sampai pada level sekarang tiga calon sama persis, jadi 109 terbagi tiga, ada floating sedikit, ada floating beberapa persen," jelas Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya