Anies Tak Ambil Pusing Soal Nomor Urut: Yang Paling Penting Urutannya yang Menang

Capres-cawapres Anies Baswedan-Muhamin Iskandar umumkan kapten Tim Pemenangan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zendy Pradana

Jakarta – Calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengatakan harapannya soal nomor undian yang bakal  ditentukan pada Selasa, 14 November 2023 malam ini. Dia menyebutkan berapapun nomor urutnya tidak menjadi masalah yang berat.

Kursi PAN Bertambah Jadi 48, Zulhas: Terima Kasih Pak Prabowo

“Terkait nomor urut, ya kita berharap kalau bukan satu, ya dua, ya tiga,” ujar Anies Baswedan di Jalan Diponegoro 10 Jakarta Pusat, Selasa, 14 November 2023

Muhaimmin Iskandar alias Cak  Imin juga mengatakan hal yang sama dengan Anies. Dia tak akan menolak berapa pun nomor urutnya.

KPU Sebut Caleg Terpilih Tak Perlu Mundur jika Daftar Pilkada 2024

Lebih lanjut, Anies menyebutkan, nomor urut itu tidak menjadi masalah dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti. Menurutnya, kemenanganlah yang akan menjadi hal yang penting. "Buat kita yang paling penting itu bukan nomornya, insya Allah urutannya yang menang itu," kata Anies.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Daftar Capres-Cawapres

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Anies juga menjelaskan, Timnas AMIN tidak akan ada rangkaian khusus dalam kedatangannya hari ini ke KPU. “Kita sederhana aja nanti datang (ke KPU) hanya jajaran seluruh pimpinan partai dan tim pemenangan,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU bakal mengundi dan mengumumkan nomor urut untuk setiap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Selasa, 14 November 2023. Masing-masing capres-cawapares terlebih dahulu diundang untuk makan malam bersama sebelum pengundian.

"Kegiatan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan capres cawapres akan dilaksanakan pada hari Selasa, 14 November 2023, rencananya mulai 18.30. Jadi, mulai dengan gala dinner, makan malam, dengan capres cawapres, dan pimpinan parpol yang mengusulkan [dan] mendaftarkan masing-masing pasangan calon. Kami memberikan undangan bagi masing-masing pasangan calon," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari di kantor KPU, Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Hasyim menuturkan semua undangan yang terdiri dari ketua partai politik pengusung, sekretaris jenderal partai politik, dan masing-masing elite partai politik. Undangan untuk masing-masing pasangan calon dibatasi 150 orang.

"Rangkaiannya setelah makan malam dilakukan pleno terbuka pengambilan nomor urut, pengundian nomor urut penetapan nomor urut masing-masing paslon, setelah itu kami berikan kesempatan bagi masing masing paslon sekitar sepuluh menit untuk menyampaikan kata sambutan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya