PKB Harap Duet Anies-Muhaimin Dapat yang Terbaik: Setiap Nomor Urut Punya History

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid bersama petinggi PKB.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pengundian nomor urut untuk tiga pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2024. PKB berharap dapat nomor terbaik untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN).

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Tentu pertama berdoa ya mudah-mudahan setelah ditetapkan ini nomornya nomor yang baik untuk pasangan Amin, nomor kemenangan," kata Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid di Rumah Timnas Pemenangan Amin Jalan Diponegoro 10, Jakarta Pusat, Selasa 14 November 2023.

Jazilul menuturkan kalau setiap nomor itu punya maksud dan history-nya masing-masing.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

"Masing-masing punya history ini nomor. Ya, tinggal 3 itu, satu itu nomernya PKB, dua nomor ganjil, tiga. ya banyaklah semuanya punya history," tutur Jazilul.

Ketua Timnas Amin, M Syaugi Alaydrus (kiri) bersama Anies-Muhaimin.

Photo :
  • Dok. PKB
Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Dia menjawab terkait wacana kalau nomor urut satu akan diperoleh untuk pasangan Anies-Cak Imin, nomor dua untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, kemudian nomer tiga yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Bagus juga itu tapi tentu nanti disepakati berrsama oleh KPU dan partai-partai pengusung dan paslon. Wacana itu ya bagus aja. Kita tunggu aja tinggal dua jam kalau mau tebak-tebakan boleh," tegas dia.

"Apapun nomor yang diyakini peroleh itu nomor kemenangan, memastikan apapun nomer yang kita dapat nomor kemenangan," ujar Wakil Ketua MPR tersebut.

Sebelumnya, dalam tahapan pegundian nomor urut kali ini, KPU diundang untuk makan malam bersama. Selanjutnya, dilakukan pengundian nomor urut. Setiap pasangan capres-cawapres juga diberikan kesempatan untuk membawa rombongan seperti tim pemenangan

"Jadi, mulai dengan gala dinner, makan malam, dengan capres cawapres, dan pimpinan parpol yang mengusulkan [dan] mendaftarkan masing-masing pasangan calon. Kami memberikan undangan bagi masing-masing pasangan calon," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari di kantor KPU, Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Hasyim menuturkan semua undangan yang terdiri dari ketua partai politik pengusung, sekretaris jenderal partai politik, dan masing-masing elite partai politik. Undangan untuk masing-masing pasangan calon dibatasi 150 orang.

"Rangkaiannya setelah makan malam dilakukan pleno terbuka pengambilan nomor urut, pengundian nomor urut penetapan nomor urut masing-masing paslon, setelah itu kami berikan kesempatan bagi masing masing paslon sekitar sepuluh menit untuk menyampaikan kata sambutan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya