Dapat Nomor Urut 3, Ganjar-Mahfud Beri Salam Metal

Pasangan capres cawapres usai mendapatkan nomor urut.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Jakarta – Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat nomor urut tiga sebagai calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) 2024. Setelah keduanya resmi mendapat nomor urut, Ganjar dan Mahfud MD terlihat langsung mengangkat jarinya untuk salam metal.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Dal pantauan VIVA di lokasi, Ganjar nampak tersenyum bahagia. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu beberapa kali mengeluarkan salam metal.

Tak hanya Ganjar, Mahfud MD juga sesekali menaikkan tangannya untuk memberikan salam metal. Gimik salam metal juga kerap ditampilkan oleh PDI Perjuangan yang mendapat nomor urut 3 pada Pemilu 2024.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pengundian dan penetapan nomor urut tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang maju jadi kontestan Pilpres 2024. Tiga pasangan capres dan cawapres masing-masing sudah mengambil nomor urut.

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Pernyataan Oposisi Ganjar Bisa Jadi Sikap Politik PDIP, Menurut Pakar BRIN

Dari hasil pengundian dan penetapan itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dapat nomor 1, Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor 3, dan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor 2.

Dalam mekanisme kali ini, para capres cawapres mengambil nomor antrean terlebih dulu. Pun, pengambilan nomor antrean itu berdasarkan urutan kedatangan saat pendaftaran pasangan capres-cawapres dalam kurun waktu 19-25 Oktober 2023.

Saat pengundian nomor, Ketua KPU RI Hasyim Asyari mempersilakan tiga figur cawapres untuk maju ke depan terlebih dulu mengambil nomor antrean. Nama pertama cawapres yang dipanggil adalah Muhaimin Iskandar.

Lalu, cawapres berikutnya yang dipersiakan maju ke depan adalah Mahfud MD. Selanjutnya, adalah Mahfud MD.

"Berdasarkan tata tertib mekanisme pengambilan nomor urut diambil dari nomor antrean yang sudah diambil," kata Hasyim di gedung KPU, Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

Dari urutan antrean dimulai Anies-Muhaimin, lalu Ganjar-Mahfud, dan Prabowo-Gibran.

Dari tiga capres itu dipersilakan untuk dibuka secara bergantian.

"Dengan demikian nomor urut pasangan capres-cawapres untuk Pemilu tahun 2024 adalah nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD," jelas Hasyim.

Adapun komposisi tiga pasangan capres dan cawapres itu punya barisan poros pengusung. Seperti Anies-Muhaimin diusung Nasdem, PKS, dan Gerindra dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Lalu, duet Ganjar-Mahfud yang disokong PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo. Sementara, pasangan Prabowo-Gibran dengan Koalisi Indonesia Maju yang berisikan Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora, Garuda, dan PSI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya