Prabowo Subianto: Bangsa dan Negara Terkhianati, Kalau Pemilu Curang

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto meyakini pelaksanaan Pemilu 2024 oleh KPU RI akan berjalan dengan jujur dan adil. Prabowo optimis Pemilu 2024 akan terbebas dari segala bentuk kecurangan.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Hal itu disampaikan Prabowo usai pengundian dan penetapan nomor urut pasangan capres-cawapres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Selasa, 14 November 2023 malam.

"Kita bersyukur memiliki negara demokrasi, dan kami yakin KPU akan melaksanakan pemilu dengan sebaik-baiknya, dengan sejujur-jujurnya, dengan seadil-adilnya,tanpa kecurangan apapun," kata Prabowo dalam sambutannya.

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Prabowo, bangsa dan negara Indonesia akan merasa terkhianati jika terdapat kecurangan di balik proses Pemilu 2024.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

"Karena, kalau pelaksanaan pemilu curang, (maka) mengkhianati bangsa dan negara Indonesia," ungkapnya.

Nomor Urut 3 Pasangan Capres-cawapres

KPU rampung menyelesaikan pengundian dan penetapan nomor urut capres dan cawapres. Dari hasilnya itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin iskandar dapat nomor urut 1, Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor 2, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor 3.

KPU awalnya mempersilakan pasangan Anies-Muhaimin dapat kesempatan pertama sesuai undian nomor antrean. Lalu, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dapat kesempatan kedua untuk ambil nomor urut dua, dan ketiga giliran duet Prabowo-Gibran.

"Di hadapan bapak berdua, ada tiga tabung, di hadapan bapak, dan silahkan diambil satu dan di dalamnya ada nomor urut capres-cawapres," ujar Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Selasa, 14 November 2023 malam.

Setelah ketiga pasangan calon tersebut mengambil tabung yang berisi nomor urut, masing-masing bergantian membukanya. Pasangan Anies-Cak Imin dapat nomor urut satu, kemudian Ganjar-Mahfud dapat nomor 2 dan Prabowo-Gibran nomor urut 3.

"Dengan demikian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu 2024 adalah sebagai berikut, nomor urut 1 untuk pasangan calon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor urut 2, untuk pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, nomor urut 3 untuk pasangan calon Ganjar Pranowo dam Mahfud MD," kata Hasyim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya