Jual Merchindise, Cara yang Digunakan Relawan AkuGanjar Biayai Gerakan Kampanye Mereka

Relawan AkuGanjar dan Merchindise Yang Mereka Pasarkan
Sumber :
  • Relawan AkuGanjar

Jakarta – Banyak cara digunakan relawan, untuk menghimpun dana dalam rangka membantu calon presiden dan calon wakil presiden, yang mereka dukung di Pilpres 2024. Termasuk relawan AkuGanjar (Anakmuda Koalisi Untuk Ganjar), yang merupakan kumpulan anak muda yang mendukung Ganjar Pranowo, capres nomor urut 3 yang berpasangan dengan cawapres Mahfud MD.

Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

Crowdfunding dengan jalan penjualan merchandise, yang digunakan AkuGanjar untuk mendapatkan pendanaan. Cara ini juga membuat dana yang dihimpun lebih transparan, dan bebas dari konflik kepentingan. Sehingga cara ini digunakan untuk pembiayaan kampanye dan berbagai pergerakan AkuGanjar.

"Bagi kami transparansi dan kreatifitas adalah yang utama, jadi mentalnya nggak mental proposal, anak muda harus kreatif," ujar Ketua Umum AkuGanjar, Riezky Delastama, dalam keterangannya, Rabu 15 November 2023.

PDIP Beri Tugas Ganjar Bantu Pemenangan Pilkada 2024 setelah Kalah Pilpres

Tidak sedikit marchindise yang mereka hasilkan dan diminati oleh milenias dan Gen Z. Kesukaan itu karena desain yang lebih kekinian dan tidak hard selling. "Justru yang di highlight adalah Politik Sukaria nya," kata Wabendum AkuGanjar, Bayu Perkasa.

Marchindise yang dijual oleh relawan AkuGanjar ini melalui e-commerce sehingga pendapatan mereka pun jelas. Selain itu, juga mempermudah bagi relawan untuk melakukan pendataan berapa banyak anggota AkuGanjar yang ikut serta.

Tren Mengemudi di Kalangan Gen Z Menurun, Ini Kata Studi

"Dari situ kami mulai invite mereka ke group atau social media kami untuk partisipasi lebih intens lagi," ujar Andreas Suryapratima, yang merupakan Wabendum AkuGanjar.

AkuGanjar mengaku, kalau produk-produk yang mereka hasilkan tersebut mendapat sambutan dari berbagai daerah. Bahkan ada yang berada di daerah jauh, rela membeli walau dengan tambahan ongkos kirim yang juga tidak sedikit.

Alwin Abie Jiwo Mukti, yang merupakan Bidang Program AkuGanjar, mengakui kalau mereka yang mendukung Ganjar Pranowo rela membeli produk mereka. Walau harus mengeluarkan biaya tambahan lagi, selain mereka juga menyukai produk yang dibuat.

"Peminatnya dari seluruh daerah, mereka rela mengeluarkan dana sendiri dan ongkir yang cukup lumayan untuk mendapatkan jaket atau kaos kita. Ini bukti militansi pendukung Pak Ganjar masif di daerah-daerah," kata Alwin Abie.

Pembeli juga bisa dibilang sudah menjadi pendukung Ganjar. Sehingga relawan AkuGanjar langsung mendata dan masuk dalam database. Menurut Sekjen AkuGanjar, Aditya PN, cara penjualan merchindise ini memudahkan untuk pendataan tersebut.

"Ketika mereka sudah membeli berarti bisa disebut 80 % mereka preferensi nya ke Ganjar - Mahfud," kata Aditya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya