PDIP Tutup Buku soal Status Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • PDIP

Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menyampaikan soal status keanggotaan Gibran Rakabuming Raka dan Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai kader partai berlambang banteng tersebut. Dia bilang status Gibran dan Bobby di PDIP sudah tutup buku.

Megawati Muncul di Pameran Seni Butet, Pakar: Itu Pernyataan Politik yang Paling Keras!

Menurut Hasto, pimpinan DPC PDIP masing-masing wilayah, sudah memberikan surat kepada Gibran dan Bobby soal status keanggotaannya sebagai kader.

"Itu sudah semua tutup buku, Mas Gibran sudah tutup buku surat sudah diberikan DPC sama isinya. Yang beda hanya tanggal dan yang tandatangan, tapi substansinya sama," kata Hasto kepada wartawan di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu, 15 November 2023.

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

Bobby Nasution

Photo :
  • Pemko Medan

Hasto bilang, pihaknya akan fokus terhadap pemenangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di kontestasi Pilpres 2024 mendatang. 

Pengakuan Mengejutkan Johan Budi soal Revisi UU MK Dibahas Diam-diam di Komisi III DPR

"Yang penting pemenangan pak Ganjar dan Prof Mahfud dengan penuh keyakinan, dengan angka 3, dengan nomor 3 yang bahasanya tadi bagus trisula weda itu lurus benar dan jujur," tutur Hasto.

Sebagai informasi, Putra Sulung Presiden Jokowi yaitu Gibran Rakabuming Raka maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Padahal, Gibran merupakan kader PDIP.

Hasto sebelumnya menyebut Gibran Rakabuming sudah mengembalikan kartu tanda anggota (KTA) PDIP dan yang bersangkutan sudah pamit.

"Ya, sudah. Jadi, sudah diselesaikan oleh DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta karena Mas Gibran 'kan menerima KTA dari DPC Kota Surakarta sehingga tidak lagi beranggota PDI Perjuangan karena sudah pamit," kata Hasto di Denpasar, Bali, Sabtu, 4 November 2023.

Hasto bilang seseorang dilarang jadi anggota di dua partai politik, bahkan termasuk Gibran putra sulung Presiden RI Jokowi.

"Memangnya karena menjadi anak pejabat lalu boleh KTA-nya tiga? 'Kan tidak boleh, ini undang-undang, ini konstitusi. Jadi, pamitnya sudah diterima," ujarnya.

Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara, adik ipar Gibran, Bobby Nasution sudah menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Bobby diberi waktu selama tiga hari oleh Ketua Bidang Kehormatan Dewan Pimpinan Pusat PDIP Komarudin Watubun pada 6 November 2023 untuk mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) kepada DPC PDIP Kota Medan. Namun, Bobby tak kunjung mengembalikan KTA tersebut. 

Maka itu, DPC PDIP Kota Medan menyebut Bobby Nasution tak lagi sebagai kader PDIP karena tidak kunjung mengembalikan KTA. Selain itu, Bobby Nasution disebut terbukti melanggar kode etik karena tak tegak lurus terhadap dukungan partai. Menantu Presiden Jokowi itu disebut sudah mendukung pasangan capres-cawapres yang tak diusung PDIP.

"DPC PDI Perjuangan Kota Medan menyatakan bahwa Sdr. Muhammad Bobby Afif Nasution telah terbukti melakukan tindakan pelanggaran Kode Etik dan Disiplin Anggota Partai dengan tidak mematuhi peraturan dan keputusan Partai karena mendukung pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang diusung oleh partai politik lain," demikian keterangan surat itu dikutip VIVA, pada Selasa, 14 November 2023. 

"Sdr. Muhammad Bobby Afif Nasution tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota PDI Perjuangan," lanjut surat keterangan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya