Partai Buruh Eliminasi Anies-Cak Imin, Sebut Prabowo-Gibran Opsi Pertama Akan Didukung

Presiden Partai Buruh Said Iqbal
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Partai Buruh belum menentukan arah dukungan politik terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu Presiden 2024. 

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan akan memilih satu dari tiga opsi pilihan sebagai arah politik partainya. Opsi pertama, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Sedangkan opsi keduanya Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Opsi pertama, memilih Prabowo-Gibran, atau opsi kedua, memilih Ganjar-Mahfud. Opsi ketiga, tidak memilih dua-duanya," kata Said Iqbal dalam konferensi pers di Kantor Exco Partai Buruh, Jakarta Timur, Rabu, 22 November 2023.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • istimewa

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tak ada dalam pilihan. Said menyebut pasangan capres-cawapres nomor urut satu itu telah dieliminasi karena persentase pemilih Anies-Cak Imin pada Rakernas Partai Buruh sangat kecil dibandingkan dua pasangan lain. "Anies memang sudah dieliminasi," ujarnya.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Said Iqbal mengatakan keputusan mengenai arah dukungan politik akan ditentukan melalui rapat presidium. Ada kemungkinan Partai Buruh tak langsung mengungkap arah dukungan pada putaran pertama Pemilu Presiden melainkan pada putaran kedua.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 14 November 2023 menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu 2024.

Peserta Pemilu 2024 adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Capres cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri dialog Muhammadiyah

Photo :
  • tvMU

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya