Gibran Bareng Pejuang Veteran Naik Kereta Uap Jaladara Menyisiri Solo, Ada Apa?

Cawapres Gibran Rakabuming Raka bersama Legiun Veteran Asyik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Jakarta - KAI Daop 6 Yogyakarta mengajak Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, KGPAA Mangkunegara X dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) mengenang masa-masa perjuangan dengan menikmati perjalanan Kereta Uap Jaladara. Kereta yang dikenal dengan Sepur Kluthuk Jaladara itu merupakan satu-satunya kereta uap yang melintasi tengah kota di Indonesia.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Suasana masa perjuangan begitu terasa saat sejumlah pegawai kereta api termasuk EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo mengenakan seragam militer ala masa perjuangan merebut kemerdekaan. Mereka berbaur dengan para anggota LVRI Markas Cabang Surakarta.

Sementara, Gibran dan penguasa Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X mengenakan pakaian batik. Kegiatan yang dikemas dengan tema Memorable Trip Kereta Uap Jaladara itu diinisiasi sebagai rangkaian memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November.

Gibran Bareng Sandiaga Nobar Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Solo

Kereta Api Sepur Kluthuk Jaladara

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Setelah prosesi acara di Stasiun Purwosari selesai, kemudian para tamu undangan langsung masuk ke dalam gerbong kereta uap tersebut. Gibran, KGPAA Mangkuengara, anggota veteran tentara dan EVP Daop 6 Yogyakarta duduk di rangkaian gerbong kereta depan.

PKB Hormati Sikap Gelora yang Tolak PKS Gabung ke Prabowo-Gibran

Sedangkan, rombongan lainnya duduk di rangkaian gerbong kereta belakang. Selama di dalam kereta, mereka dihidangkan berbagai aneka sajian kuliner khas tempo dulu.

Perjalanan kereta uap dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Kota pun cukup spesial lantara menyusuri jalur rel satu-satunya di Indonesia yang melintas jalan raya di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Solo.

Dalam perjalanan tersebut, Gibran maupun anggota LVRI tampak menikmati suasana di dalam sepur uap tersebut. Bahkan, figur cawapres itu terlihat nyaman dengan melambaikan tangan kepada warga yang melintasi di jalan protokol Kota Solo tersebut.

Pun, selama perjalanan, para penumpang juga mendengarkan cerita tentang sejarah perjuangan di Kota Solo.

Menurut EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo, kegiatan tersebut juga untuk mengajak para anggota LVRi bisa menengang masa perjuangan tempo dulu dengan perjalanan Sepur Kluthuk Jaladara menyusuri Kota Solo.

“Daop 6 berupaya memberikan perjalanan yang berkesan bagi beliau-beliau untuk melihat perkembangan Kota Solo di jalur dan lokomotif yang menjadi saksi bisu perjuangan ara pahlawan di masa lalu,” kata Bambang di Solo, Selasa, 21 November 2023.

Sementara, Gibran Rakabuming mengaku takjub dengan perjalanan Kereta Uap Jaladara dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Kota yang menyusuri rel di jalur tengah kota. Putra sulung Presiden Jokowi itu menikmati perjalanan dengan kereta uap tersebut.

“Ini luar biasa sekali. Cuma Kota Solo saja yang punya kereta uang melintasi tengah kota. Jadi, luar biasa sekali perjalanan dari Stasiun Purwosari sampai Solo Kota menikmati Kota Solo,” ujar dia.

Selama perjalanan, Gibran mengaku dapat penjelasan dari sejarahwan terkait sejarah dari Kota Solo. Dengan konsep itu, para penumpang yang naik kereta uap bisa dapat cerita-cerita sejarah Kota Solo.

“Kita pingin sekali lagi ya selain wisata-wisata yang modern, wisata budaya, wisata-wisata seperti ini harus dikembangkan," tutur Gibran.

"Tadi sembari perjalanan dari Purwosari sampai Solo Kota ada sejarawan yang mengenalkan sejarah-sejarah dari Kota Solo," kata Gibran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya