Heboh Isu Reshuffle Menteri Kabinet Jokowi, Mardiono: Yang Tahu Hanya Presiden

Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono buka suara soal rumor beberapa nama menteri di kabinet Indonesia Maju 2019-2024 yang bakal dicopot atau terkena reshuffle. Beberapa menteri diisukan akan dicopot Presiden Joko Widodo.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Menurut Mardiono, kebenaran akan reshuffle itu hanya diketahui oleh Jokowi, lantaran merupakan hak prerogatif presiden. Ia juga menyebut, tak ada yang dapat melarang, jika reshuffle menteri benar terjadi.

"Ya jadi persoalan pergantian menteri itu bukan sekarang, besok, atau kemarin. Karena itu adalah hak prerogatif bapak presiden. Jadi yang lain pasti tidak tahu. Yang tahu itu hanya Pak Presiden. Dan, itu tidak dilarang kapan saja dilakukan oleh presiden," kata Mardiono di gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu, 22 November 2023.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Jokowi pimpin Rapat Kabinet Kerja di Istana Bogor, Jawa Barat

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Mardiono menjelaskan bahwa setiap partai politik hanya menunggu panggilan dari Jokowi untuk menempatkan kadernya di dalam kabinet untuk ikut berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

"Yang kedua adalah bentuk pertanggungjawaban kita terhadap konstituen kami. Bahwa dulu kami mengkampanyekan pak presiden Jokowi,” ujarnya.

“Karena itu kami bertanggung jawab untuk mengawal juga bagaimana kinerja pemerintahan sekarang ini baik yang ada di luar maupun yang ada di dalam. Ini adalah bentuk pertanggungjawaban," tuturnya.

Sebelumnya, beredar luas beberapa nama menteri di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 bakal dicopot atau terkena reshuffle oleh Presiden Jokowi. Dalam dokumen itu juga, muncul nama-nama menteri penggantinya.

Dalam dokumen tersebut, menyebut ada 13 menteri yang bakal kena reshuffle. Seperti Menkumham Yasonna H Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma, hingga Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan. 

Dokumen itu memajang logo Kementerian Sekretariat Negara dengan topik "Daftar Reshuffle ke-7 Kabinet Indonesia Maju yang diusulkan dan telah disetujui oleh Bapak Presiden RI adalah sebagai berikut:" Di paling bawah, tercantum tanda tangan Mensesneg, Pratikno.

Terkair rumor itu, Kementerian Sekretariat Negara atau Kemensetneg, menuturkan dokumen itu hoaks atau tidak benar. Kementerian tidak pernah mengeluarkan dokumen seperti yang beredar tersebut.

"Berkenaan dengan beredarnya informasi/daftar reshuffle ke-7 Kabinet Indonesia Maju yang diusulkan dan telah disetujui oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dengan menggunakan identitas logo Kementerian Sekretariat Negara, bersama ini kami nyatakan bahwa surat yang beredar tersebut adalah tidak benar (hoaks), karena sampai dengan saat ini Kementerian Sekretariat Negara tidak pernah mengeluarkan informasi dimaksud.," dikutip dari akun Instagram Kemensetneg, Rabu 22 November 2023.

Mensesneg Pratikno pun sudah menanggapi isu tersebut. Dia menyebut isu tersebut hoax. Hoax. Ini menunjukkan banyaknya hoax yang harus diwaspadai,” kata Pratikno saat dikonfirmasi pada Rabu, 22 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya