Survei IPO Sebut Prabowo Jadi Capres Paling Digandrungi Milenial, Ini Alasannya

Capres Prabowo Subianto di acara konsolidasi Partai Demokrat di Jawa Timur
Sumber :
  • Tangkapan Layar Youtube Demokrat

Jakarta – Survei terbaru Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan Prabowo Subianto menjadi capres (Calon Presiden) dengan elektabilitas tertinggi. Kemudian, disusul Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

"Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan yang paling dikenal anak muda," kata Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah dalam dalam Webinar Political Public and Policy Studies (P3S) yang bertajuk ‘Berebut Suara Anak Muda Siapa yang Unggul?', Kamis 23 November 2023

Makna Makan Siang Jokowi, Prabowo, Anies dan Ganjar

Photo :
  • VIVA
Pilgub Jateng 2024, Survei: Elektabilitas Sudaryono Moncer Dinggap Bisa Bawa Perubahan

Ia mengatakan, generasi millenial dan Gen Z lebih mengenali Prabowo Subianto dengan angka mencapai 56 persen. Diketahui, survei IPO awalnya dilakukan simulasi tiga capres. Hasilnya, Prabowo (37,5 persen) menjadi pilihan utama. Anies (32,7 persen) mengikuti di peringkat kedua, lalu Ganjar (28,3 persen) di peringkat ketiga.

Sementara ada 1,5 persen responden yang belum memilih. Dalam simulasi tiga pasangan capres-cawapres, hasilnya tidak jauh berbeda. 

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming menjadi yang pertama (36,2 persen). Anies-Muhaimin Iskandar (34,1 persen) mengikuti diperingkat kedua dan Ganjar-Mahfud MD (27,1 persen) di peringkat ketiga.

“Ada beberapa generasi muda yang belum menentukan pilihan. Artinya akan banyak golput (golongan putih) dari kalangan generasi muda,” ungkapnya.

Untuk itu, Dedi mengimbau kepada Komisi Pemilihan Umum untuk menyediakan fasilitas pemungutan suara yang fleksibel untuk generasi muda. "Sehingga mereka yang merantau juga bisa memberikan suara,” ucapnya.

Apalagi, menurutnya, antusiasme anak muda saat ini lebih besar dibandingkan pada pemilu tahun 2019 lalu. "Pemilu sebelumnya mereka hanya riuh di medsos (Media Sosial),” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur P3S Jerry Massie menilai tingginya antusiasme anak muda terhadap Prabowo Subianto dikarenakan saat ini Prabowo terkenal dengan Capres yang gemar bergurau.

“Selain itu sekarang dia juga gemar tersenyum. Itu yang membuat daya tarik untuk kalangan muda,” ujarnya.

Jerry menyebut saat ini wilayah yang paling banyak menyumbang suara yakni Jawa Barat. Ditambah ada sosok Ridwan Kamil yang menurut Jerry akan menguntungkan kubu Prabowo-Gibran.

“Urutan kedua ada Jawa Timur. Nanti bisa kita lihat seberapa banyak millenial yang menyumbangkan suaranya,” ujar Jerry.

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain itu adanya Partai Amanat Nasional (PAN) di kubu Prabowo disebut Jerry juga menguntungkan, lantaran banyaknya artis yang bergabung di Partai yang diketuai Zulkifli Hasan tersebut.

Jerry menyoroti faktor Jokowi, Iriana, Gibran dan Kaesang bersama PSI dinilai mampu menambah kekuatan elektoral Prabowo yang hampir mencapai 40 persen. "Siapa pun presidennya, kita berharap Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya