Duet Amin Dapat Lagi Dukungan, Giliran Poros Buruh untuk Perubahan di Banten Deklarasi

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies-Muhaimin
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Elemen buruh beserta pimpinannya di Banten mendeklarasikan Poros Buruh untuk Perubahan. Barisan buruh itu menyatakan dukung duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) di Pilpres 2024.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Dalam deklarasi itu, federasi pekerja yang pimpinan nasionalnya belum menyatakan dukungan ke Amin, namun di Banten, mereka dengan lantang berani mendukung pasangan nomor urut 1 tersebut.

Koordinator Poros Buruh  Banten Timur Dedi Sudarajat  menyampaikan persatuan hampir semua federasi buruh di Banten karena regulasi ketenagakerjaan yang ada saat ini tak ramah terhadap kaum buruh.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Dedi yang juga Ketua DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Banten itu bilang kaum buruh terhadap regulasi saat ini tak cocok dan dianggap semrawut.

“Sebetulnya kemarahan kaum buruh terhadap regulasi yang ada sehingga hampir semua pimpinan federasi buruh yang ada di Banten ingin keluar dari keadaan yang semrawut itu dengan mendukung pasangan Amin menang di Pilpres 2024," kata Dedi, dalam keterangannya dikutip pada Minggu, 26 November 2023.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Deklarasi Poros Buruh Banten dukung Anies-Muhaimin.

Photo :
  • istimewa

Sementara, Koordinator Poros Buruh untuk Perubahan Banten Barat Intan Indriya Dewi menuturkan pilihan pihaknya kepada duet Amin sebagai perjuangan politik di Banten. Intan yang juga Ketua DPD Serikat Pekerja Nasional (SPN) Banten menuturkan aksi pihaknya juga kelanjutan aksi melawan UU Omnibus Law Cipta Kerja.

“Deklarasi ini merupakan kelanjutan aksi-aksi dan demonstrasi melawan UU Omnibuslaw Cipta Kerja dan melawan rezim yang anti demokrasi dan anti rakyat," ujar Intan.

Baik Dedi dan Intan sepakat hanya pasangan Amin yang beri sinyal kepada kaum buruh untuk merevisi total UU Omnibuslaw Cipta Kerja. Hal itu jika Amin terpilih di Pilpres 2024.

Mereka meyakini kaum buruh Indonesia perlu perubahan. Bukan melanjutkan kebijakan terkait buruh yang ada saat ini.

Sementara, Wakil Kapten Timnas Pemenangan Amin Jumhur Hidayat yang hadir menyaksikan deklarasi itu menyampaikan rasa bangganya. Dia mengaku terharu atas sikap barisan buruh Banten yang bentuk Poros Buruh untuk Perubahan.

“Saya sungguh merasa terharu atas hasrat buruh di Banten yang ingin berubah ini," jelas Jumhur.

Bagi dia, hasrat perubahan itu seiring dan sejalan dengan apa yang diharapkan Timnas Amin.

"Dan, insya Allah bila kelak pasangan Amin menang dan ada kewenangan untuk melakukan perubahan, maka itu akan dilakukan," ujar Jumhur.  

Dalam deklarasi itu, hadir juga sejumlah pentolan federasi buruh tingkat nasional seperti antara lain Ketua Umum Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI)' 92, Sunarti, Ketua Umum SPN Djoko Heriyono.

Lalu, ada juga Presiden Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Daeng Wahidin, dan Ketua Umum Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Rudi HB

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya