KSBSI Merapat, Petinggi TPN: Jutaan Buruh All Out Dukung Ganjar-Mahfud

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Massa buruh Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) resmi mendelarasikan dukungannya untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. KSBSI siap mengawal pemenangan pasangan capres cawapres nomor urut 3 tersebut.

PPP dan PKB Bertemu, Bahas Apa?

Ribuan buruh hadir dalam deklarasi itu dengan kompak meneriakan yel yel dan semangat dukung Ganjar-Mahfud. Hadir dalam deklarasi tersebut, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid, Wakil Ketua TPN Andi Gani Nena Wea. Lalu, Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban.

KSBSI merupakan salah satu konfederasi buruh terbesar di Tanah Air lantaran punya jutaan anggota buruh. Untuk mendukung Ganjar, KSBSI bentuk organ pemenangan Ganjar-Mahfud yaitu ‘Solidaritas Buruh Indonesia For Ganjar Mahfud’.

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

Elly dalam kesempatan itu juga ditunjuk jadi salah satu jajaran Wakil Ketua Umum TPN Ganjar-Mahfud. Dengan bergabungnya Elly, poros Ganjar-Mahfud kini punya dua kekuatan besar massa buruh.

Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) dukung Ganjar-Mahfud.

Photo :
  • istimewa
Rocky Gerung Minta Anies Jangan Nyagub Lagi: Itu Lebih Bermutu, Ngerti Etika Politik

Sebelumnya, Andi Gani yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) sudah merapat ke Ganjar-Mahfud.

Elly menyampaikan pihaknya sudah melakukan kajian sehingga melabuhkan dukungan untuk Ganjar-Mahfud.
Bagi dia, duet Ganjar-Mahfud dinilai mampu mewujudkan reformasi politik hukum ketenagakerjaan di Indonesia.

"Dilihat dari visi-misi, pasangan Ganjar dan Mahfud yang paling berani mensejahterakan tanpa korupsi, kolusi, dan nepotisme dengan jalan memperbaiki UU Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan," ujar Elly, dalam keterangannya, Minggu, 26 November 2023.

Dia juga meyakini Ganjar-Mahfud bisa mereformasi 10 UU di bidang ketenagakerjaan. Kata Elly, hal itu seperti yang dituangkan pihaknya dalam naskah Peta Jalan Reformasi Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia.

Elly memastikan akan berjuang all out mendukung Ganjar-Mahfud. Sebab, jutaan pekerja di Indonesia harus diperjuangkan hak-haknya.

Adapun, Arsjad Rasjid mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh KSBSI. Menurut dia, dukungan dari KSBSI ini semakin menambah kekuatan bagi Ganjar-Mahfud.

Arsjad menambahkan, ada beberapa kegelisahan yang dititipkan buruh kepada Ganjar-Mahfud. Pertama, persoalan upah. Kedua, biaya hidup. Ketiga, lapangan pekerjaan.

"Intinya persoalan ketenagakerjaan. Utamanya bagaimana pendapatan itu bisa naik. Karena, Indonesia akan mengalami bonus demografi," jelasnya.

Sementara, Andi Gani menambahkan, dukungan dari KSBSI semakin perkuat jutaan buruh di Indonesia mendukung pasangan Ganjar-Mahfud. Sebelumnya, KSPSI pimpinan Andi Gani telah lebih dulu berlabuh dukung Ganjar-Mahfud. "Ini artinya jutaan buruh di Indonesia all out mendukung Ganjar-Mahfud," ujar Andi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya