Mahfud MD: Ratusan Kali Teken Komitmen Pemilu, Masih Banyak Terjadi Pelanggaran

Cawapres Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta - Calon wakil presiden, Mahfud MD menegaskan bahwa masih banyak aturan pemilu yang dilanggar, meskipun sudah ratusan kali seluruh peserta yang berkomitmen teken peraturan perundang-undangan pemilu tertib, demokratis dan bermartabat.

Pasca Pemeriksaan Internal, Bea Cukai Copot REH dari Jabatannya

Hal tersebut diungkapkan Mahfud MD saat menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakan Hukum Terpadu dengan tema “Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat".

"Bagi, saya dan tentu bagi semua, kita penandatanganan seperti itu sudah beratusan kali dilakukan di setiap pemilu, pemilu pusat maupun pilkada-pilkada. Komitmen seperti itu dilakukan, dan masih sering banyak pelanggaran," ujar Mahfud MD di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin, 27 November 2023.

Pilgub Banten 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Cawapres nomor urut 03 Mahfud MD di acara Dialog Muhammadiyah di UMJ

Photo :
  • tvMU

Menurut Mahfud, jika ada pihak yang melanggar aturan pemilu maka harus diselesaikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. "Oleh sebab itu, itu tadi semua hanya komitmen moral, niat baik kita tetapi kalau ada hal-hal yang terjadi di luar aturan perundang-undangan yang dilakukan oleh siapapun, harus diselesaikan menurut peraturan perundang-undangan," pungkasnya.

Nurul Ghufron Janji Hadir di Sidang Etik Dewas KPK Besok

Sementara itu, Calon presiden, Ganjar Pranowo meminta agar seluruh penyelenggara dan aparatur negara untuk menjaga komitmen yang dibangun untuk tetap bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tahapan pemilu 2024.

"Apa yang tadi dibacakan, apa yang tadi kita torehkan dalam tandatangan komitmen adalah sebuah ungkapan dan keseriusan dari pikiran, hati, dan tindakan. Kami sangat percaya seluruh penyelenggara pemilu dan aparatur akan melaksanakan dengan sungguh-sungguh," kata Ganjar.

Maka itu, Ganjar tak lupa menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh penyelenggara atas komitmen yang telah dibangun. Seluruh pihak, kata dia, harus menjalankan apa yang telah ditorehkan menjelang pesta demokrasi 2024.

"Maka kami menyampaikan. Penghormatan dan terima kasih atas komitmen yang dibangun, tugas kita hari ini adalah melaksanakan komitmen dan kata-kata yang sudah kita tandatangani," pungkasnya. 

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 14 November 2023 menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu 2024.

Penetapan Nomor Urut Paslon Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Peserta Pemilu 2024 adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya