18 Parpol Peserta Pemilu dan Tiga Capres Cawapres Teken Deklarasi Kampanye Damai

Rakornas Gakkumdu Bawaslu RI Jelang Kampanye Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Sebanyak 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 menandatangani Deklarasi Kampanye Damai Tertib dan Taat Hukum Peserta Pemilu 2024. Deklarasi Kampanye Damai dilakukan sehari sebelum dimulai tahapan kampanye yang mulai berlaku Selasa besok.

Said Iqbal Tegaskan Partai Buruh Akan Dukung Prabowo Gibran

Penandatanganan deklarasi tersebut dilakukan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakan Hukum Terpadu dengan tema “Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat" yang diselenggarakan Bawaslu RI di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin, 27 November 2023.

Rakornas Gakkumdu Bawaslu RI Jelang Kampanye Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

Sebelum penandatanganan deklarasi, dilakukan lebih dulu pembacaan komitmen yang dibacakan Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Alhabsyi sebagai perwakilan parpol.

"Kami peserta pemilu tahun 2024 mendeklarasikan diri berkomitmen untuk, satu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa menghormati keberagaman serta mewujudkan suasana aman tertib dan damai selama penyelenggaraan pemilu," kata Aboe Bakar, Senin, 27 November 2023.

Pilpres Usai, Mahfud: Perjuangan Belum Berhenti

"Melaksanakan kampanye pemilu dengan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku antara lain tidak melibatkan pihak yang dilarang selama masa kampanye pemilu," lanjut Aboe.

Poin selanjutnya, Aboe Bakar mewakili parpol lain juga sepakat untuk tidak melakukan politisasi sara serta melakukan kampanye di tempat ibadah.

"Tiga, tidak melakukan politisasi sara menyebarkan hoax ujaran kebencian dan perbuatan politik yang selama politik uang selama penyelenggaraan pemilu," ujarnya.

"Keempat, tidak memanfaatkan tempat ibadah dalam melaksanakan kampanye," jelas Aboe Bakar.

Setelah komitmen dibacakan, perwakilan parpol pun menandatangani deklarasi secara bergiliran. Setelahnya, penandatanganan deklarasi serupa juga dilakukan tiga pasangan capres-cawapres yang merupakan kontestan Pilpres 2024.

Mereka di antaranya pasangan calon (paslon) nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya