Anies Baswedan Mulai Kampanye Perdana di Tanah Merah Jakut, Begini Alasannya

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU RI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan menyampaikan dirinya akan memulai kampanye di wilayah DKI Jakarta pada Selasa, besok. Lokasi itu dipilih lantaran jadi tempatnya mengabdi sebagai Gubernur DKI selama lima tahun lamanya.

Gerindra Harap Ada Titik Temu Setelah Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi

“Sederhana, karena pada prinsipnya selama kami bertugas di Jakarta kita membawa pesan keadilan sosial. Dan, itu juga yang akan kami teruskan dalam perjuangan di tingkat nasional,” kata Anies, Senin 27 November 2023.

Sementara, Kapten Timnas Amin Muhammad Syaugi Alaydrus jelaskan titik kick off pertama kali Anies Baswedan yakni di Tanah Merah, Jakarta Utara. Menurut dia, usai dari Tanah Merah, Anies akan mendatangi Bogor kemudian Bandung, Jawa Barat.

Terpopuler: Anggota Polri di Timnas U-23, Rocky Gerung Larang Anies Nyagub

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Rakornas Gakkumdu Bawaslu

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun, agenda cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan bertolak ke Jawa Timur.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

“Besok yang pertama ada di Jakarta kick off-nya ada di Tanah Merah besok. Kemudian, setelah itu siang ke Bogor. Setelah itu, ke Bandung untuk capres. Kalau cawapres ke Jawa Timur,” ujar Syaugi.

Jubir Timnas Amin, Mustofa Nahrawardaya mengatakan Anies dan Cak Imin akan menjalani agenda jadwal kampanye secara terpisah. “Mas Anies hari pertama di Jakarta, Bogor. Cak Imin Jawa Timur,” tutur Mustofa saat dikonfirmasi VIVA, Senin malam, 27 November 2023.

Terkait agenda ke Tanah Merah, Anies membenarkan. Dia menuturkan saat masa kampanye pada 2016 saat hendak mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta, Tanah Merah juga jadi lokasi pertama kampanye Anies.

Dulu Anies sempat menjanjikan warga Tanah Merah mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sementara agar mereka bisa tinggal di perkampungan yang legal dan ditata. Setelah menang di Pilkada DKI 2017, Anies merealisasikan kontrak itu sehingga warga Tanah Merah punya fasilitas seperti jalan dicor, air PAM, dan IMB sementara.

Daerah Tanah Merah, Jakarta Utara kembali mencuat pada Maret 2023 setelah peristiwa kebakaran depo Pertamina Plumpang yang menewaskan 16 orang.

Kemudian, pada Juli 2023, Anies sempat berkunjung ke Tanah Merah untuk menemui warga setempat. Tujuan eks Mendikbud itu karena minta restu untuk maju sebagai capres. 

Tiga pasangan capres cawapres yang merupakan kontestan Pilpres 2024 akan mulai kampanye pasca Selasa, 28 November 2024. Artinya, mulai Selasa hari ini, tiga paslon akan menyambangi ke berbagai daerah selama 75 hari ke depan hingga 10 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya