Memulai Kampanye dari Kampung Tanah Merah, Anies Bawa Spirit Kemenangan Pilgub Jakarta 2017

Capres Nomor 01 Anies Baswedan kampanye di Kampung Tanah Merah, Jakarta
Sumber :
  • Ist

Jakarta - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan bahwa Tanah Merah, Jakarta Utara merupakan wilayah yang pertama kali memulai kampanye saat dirinya mencalonkan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta 2017. Maka itu, ia memiliki kedekatan emosional terhadap warga disana.

Politikus Muda PDIP: Jokowi Membakar Rumahnya Sendiri

"Tentu (ada kedekatan emosional). Jadi sekarang kami akan berjalan menuju sebuah amanah yang sedang sekarang diatur lewat pemilu tingkat nasional. Saya mulainya dari kampung dimana dulu kami memulai di Jakarta," kata Anies kepada wartawan di Jakarta Selatan, Selasa, 28 November 2023.

Anies pun bercerita ketika dia diminta warga Tanah Merah untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada tahun 2016 silam. Ia pun saat itu hanya menjawab yang berhak mengajukan menjadi calon gubernur adalah partai politik.

KPU RI Optimistis Menang dalam Gugatan Sengketa Pileg 2024 di MK

Capres Nomor 01 Anies Baswedan kampanye di Kampung Tanah Merah, Jakarta

Photo :
  • Ist

"Tanah Merah ini adalah sebuah kampung yang masyarakatnya pada tahun 2016 itu datang ke rumah kami meminta untuk saya menjadi calon gubernur, dan pada waktu itu saya jawab bahwa yang bisa mengajukan jadi calon gubernur itu adalah partai politik," ucap Anies.

Terpopuler: Anggota Polri di Timnas U-23, Rocky Gerung Larang Anies Nyagub

"Jadi sebaiknya sampaikan ke partai politik. Waktu itu mereka berbondong-bondong mereka menyewa Kopaja untuk datang, Kopaja atau Metro Mini untuk ke sini," sambungnya. 

Anies menambahkan bahwa masyarakat Tanah Merah pada waktu itu menyampaikan aspirasinya. Di antaranya, yaitu terkait persoalan lahan yang menjadi sengketa dengan BUMN.

Capres Nomor 01 Anies Baswedan kampanye di Kampung Tanah Merah, Jakarta

Photo :
  • Ist

"Kemudian kami sampaikan solusinya. Solusinya adalah dengan dibuatkan IMB sementara kolektif. Sehingga warga bisa mendapatkan akses air minum listrik bisa dapat IUMK izin usaha mikro kecil dan urusan-urusan lain," kata Anies.

Untuk masalah sengketa lahan, kata Anies, biarlah diselesaikan di pengadilan. Yang menjadi penting kebutuhan masyarakat harus terpenuhi. "Nah masalah sengketanya biar diselesaikan di pengadilan, tapi kebutuhan rakyat harus terpenuhi. Air listrik dan itu yang kemudian terpenuhi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya