Rencana PKS Batalkan IKN Nusantara Dinilai Sangat Emosional dan Tidak Visioner

Desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara Nusantara
Sumber :
  • ANTARA/HO-Kementerian PUPR.

Jakarta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengutarakan niatnya untuk membatalkan perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) jika pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menang. Komunitas Aktivis Milenial (Gen Kami) menyayangkan munculnya gagasan dari koalisi perubahan tersebut.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Selain bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN), yang merupakan dasar hukum bagi pemindahan ibu kota negara, rencana pembatalan tersebut juga dinilai sebagai tindakan yang tidak visioner dan terlalu emosional.

Menurut Ketua Gen Kami Ilham Latupono, di tengah dinamika kompetisi Pilpres 2024 ini, sebaiknya pasangan capres/cawapres tidak bertarung mengandalkan emosi dan ketidaksukaan personal semata.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Reforestasi IKN.

Photo :
  • Dokumentasi MIND ID.

"Boleh saja mengusung perubahan. Tapi kalau orientasinya 'yang penting beda' dengan program pemerintahan sebelumnya, rasanya terlalu asal-asalan. Ini sudah tidak lagi melihat kepentingan bangsa dan harapan generasi mendatang," kata Ilham dalam sebuah diskusi di bilangan Jakarta Selatan, 28 November 2023.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Ilham menjelaskan, perpindahan IKN ini sangat mengakomodir kepentingan bangsa di masa mendatang. Sebab IKN Nusantara adalah hub ekonomi baru yang bisa merangsang pemerataan pembangunan, keadilan dan pertumbuhan ekonomi.

Selain menjadi hub ekonomi baru khususnya untuk Indonesia bagian timur, bagi Gen Kami, IKN juga menjadi standar baru pembangunan perkotaan yang berkelanjutan, memenuhi aspek teknologi dan ekologi.

"Pertumbuhan penduduk adalah keniscayaan. Pembangunan mau tidak mau harus dilakukan. Tapi pembangunan yang seperti apa? Nah, IKN Nusantara yang mengusung forest city ini tentu menjadi benchmarking pembangunan di daerah-daerah lain di Indonesia," tutur pria yang akrab disapa Ilo ini.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Photo :
  • Dok. PKS

Sebelumnya, PKS menilai DKI Jakarta masih layak menjadi ibu kota negara Indonesia. Hal ini disampaikan Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam acara "Kick Off Kampanye Nasional PKS: Road to Final 2024" di Depok, Jawa Barat, pada Minggu 26 November 2023.

Isu membatalkan perpindahan IKN ini juga disambut senada oleh pasangan capres/cawapres koalisi perubahan, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya