Kampanye Perdana di Aceh, Mahfud MD Janji Tingkatkan Gaji Guru Ngaji

Cawapres Mahfud MD kampanye di Aceh
Sumber :
  • Istimewa

Sabang Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD bertekad untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Kota Sabang, Aceh melalui program unggulan gaji guru ngaji, tenaga pendidik keagamaan, dan marbot. Hal itu diungkapkan oleh Mahfud MD pada momentum kampanye perdana.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"Untuk Aceh ini kami ada program guru ngaji, karena kami tahu di Aceh ini ada puluhan bahkan ratusan ribu guru-guru ngaji yang mengabdi kepada bangsa dan negara, kepada rakyat untuk mendidik masyarakat," kata Mahfud MD di Pasi Jaboi, Jalan Balongan, Desa jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, Selasa, 28 November 2023.

Cawapres Mahfud MD kampanye di Aceh

Photo :
  • Istimewa
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia mencapai 240 juta orang. Satu juta di antaranya berprofesi sebagai guru ngaji, di Banda Aceh saja terdapat 1.500 guru ngaji yang berperan besar dalam pembangunan bangsa.

Meski begitu, selama ini para tenaga pendidik keagamaan dan guru ngaji tak mendapatkan apresiasi yang layak. Bahkan dalam sebuah survei oleh Kementerian Agama, sekitar 65 persen dari guru ngaji berpendapatan jauh di bawah upah minimum regional (UMR).

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

"Nanti guru-guru ngaji ini akan kami beri perhatian khusus seperti halnya di daerah-daerah lain ada yang lebih butuh soal kesehatan, lebih butuh alat pertanian, di sini juga tentu sama tetapi program unggulannya di sini adalah untuk para ustaz dan guru ngaji dan mungkin bisa dikembangkan ke marbot-marbot masjid yang sekarang ini memang perlu perhatian," ungkap Mahfud.

Di samping perhatian kepada guru ngaji, paslon capres – cawapres nomor urut tiga itu bakal menggenjot pembangunan fisik baik rehabilitasi ataupun pembangunan baru untuk menunjang pendidikan keagamaan. "Oleh sebab itu rumah-rumah ibadah kita bangun, kita perbaiki, kita perbanyak," katanya.

Cawapres nomor urut 03 Mahfud MD di acara Dialog Muhammadiyah di UMJ

Photo :
  • tvMU

Rijal Fahlefi (28) selaku guru ngaji sekaligus imam masjid di Desa Jaboi mengeluhkan minimnya perhatian secara merata yang diperuntukkan kepada tenaga pendidik keagamaan, dan guru ngaji.

"Kalau perhatian dari pemerintah di bidang agama itu masih sangat kurang sehingga kadang-kadang dapat mengganggu faktor untuk kita belajar. Kepada Pak Ganjar dan Mahfud harus nemberikan perhatian yang lebih kepada guru kampung," ucap Rijal.

Dia berharap pencanangan paslon nomor urut tiga, Ganjar – Mahfud yang akan memberikan insentif guru ngaji ini mampu direalisasikan secara nyata dan merata.

Pada kampanye perdana, paslon nomor urut tiga itu me-launching logo baru untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berkelir hitam putih. Peresmian logo baru, dilakukan Ganjar–Mahfud saat berkunjung ke Merauke dan Sabang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya