Ganjar Ungkap Beda Kampanyenya dengan Paslon Lain: Kita Mendorong Edukasi

Capres Ganjar Pranowo kampanye di Merauke
Sumber :
  • Istimewa

Merauke – Capres nomer urut tiga, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa dirinya tidak ambil pusing jika ada segelintir orang menilai masa kampanyenya dengan Mahfud MD itu membosankan. Pasalnya, saat ini dirinya tidak mementingkan adanya sebuah gimik dalam kampanye di pilpres 2024 ini.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Ganjar menuturkan bahwa dirinya akan terus melakukan edukasi kepada setiap kalangan, khusunya untuk generasi milenial. Pun, Ganjar mengaku hanya suka dalam hal memberikan sebuah edukasi ketimbang memberikan sebuah gimik.

"Kami berdiskusi seperti ini antusiasmenya ada, dan saya tidak mau menggiring anak-anak muda dengan satu jargon, hanya dengan satu gaya, kami lebih mendorong pada edukasi, mungkin orang akan mengatakan itu membosankan," ujar Ganjar di Merauke, Rabu 29 November 2023.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di kampus UMJ

Photo :
  • istimewa

Ganjar menyebutkan ada jalur yang lebih edukatif dalam kampanye untuk pesta demokrasi nanti. Menurutnya, sejumlah anak muda pun sudah bisa menafsirkan secara cerdas.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

"Gimik juga penting karena ada orang yang suka gimik. Tapi nanti kalau gimik-gimik banget diketawain. Saya lihat ada anak muda yang mengatakan, 'kami cerdas, kami juga bisa analisis kok', jadi ada cara yang lebih edukatif. Saya pilih jalur itu," kata Ganjar.

"Makanya saya selalu dialog, mungkin ini yang membedakan saya dengan yang lain," imbuhnya.

Pun, Ganjar kedepannya hanya akan menyerap semua aspirasi dari berbagai kalangan karena itu semua menjadi kegelisahan kita yang akan maju di pilpres 2024.

"Maka ada dua, satu yg sifatnya global, yg dua, tone tone lokal tadi itu.

Dan begitu tone lokal, keluar, dan rata-rata hampir semua mereka, satu, butuh ruang, utk bisa mengekspresi, dua, mendapatkan fasilitas itu," tukasnya.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 14 November 2023 menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu 2024.

Peserta Pemilu 2024 adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan memulai rangkaian kampanye pemilu 2024 secara terpisah. Ganjar akan mengawali kampanye dari Provinsi Papua, sedangkan Mahfud MD akan mengawali dari Provinsi Aceh. 

"Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh," ujar Ganjar Pranowo saat menghadiri acara Rakornas Sentra Penegakan Hukum Terpadu di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin, 27 November 2023.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun mengungkap alasannya, karena dirinya dan Mahfud MD ingin bergerak dari Timur ke Barat. Ganjar juga menegaskan bahwa persiapan kampanye sudah maksimal dan akan dimulai besok, Selasa, 28 November 2023.

"Dari Timur ke Barat kita bergerak. (Persiapan) sudah siap semuanya, dan kita mulai (hari ini)," jelas Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya