Anies-Cak Imin Sudah Siapkan Program Pengganti IKN, Menurut Ketua Dewan Pakar Amin

Ketua Dewan Pakar Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin), Hamdan Zoelva, menunjukkan program capres-cawapres nomor urut 1 di Jakarta, Rabu, 29 November 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Khaerul Izan

Jakarta - Ketua Dewan Pakar Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin), Hamdan Zoelva, mengatakan jika pasangan tersebut memenangkan Pemilu Presiden maka tidak langsung menghentikan program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) melainkan akan mengkaji ulang terlebih dahulu.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

"Karena ibu kota itu undang-undang, jadi tidak mungkin undang-undang itu dibatalkan menggunakan Perppu (peraturan pemerintah pengganti undang-undang)," kata Zoelva ketika ditanya oleh wartawan mengenai isu IKN yang sedang digulirkan pada masa kampanye, di Jakarta, Rabu, 29 November 2023.

Menurut Zoelva, Dewan Pakar Timnas Amin masih mengkaji dan akan mengevaluasi terkait pembangunan IKN. Namun ketika memang suara rakyat dan DPR menghendaki untuk dihentikan itu bisa dimungkinkan.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama Hotel Nusantara IKN.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

"Tapi sekali lagi bukan berarti [pembangunan IKN] akan disetop, sama sekali tidak," ujarnya.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Zoelva mengatakan yang menjadi fokus Dewan Pakar ialah ketimpangan pembangunan, antara di Jawa dan di luar Jawa, serta Indonesia bagian barat dan timur, sehingga perlu ada pemerataan.

Untuk itu, dia menekankan, Dewan Pakar Timnas Amin akan menyiapkan program pengganti IKN dengan meningkatkan 14 daerah di luar Jawa agar dapat berkembang. "Jadi, bukan hanya satu kota, tapi kami menyiapkan empat belas daerah untuk dikembangkan," katanya.

Dewan Pakar Timnas Amin menyepakati delapan rumusan yang sesuai visi misi, yaitu kemandirian pangan, akses pendidikan dan kesehatan, kesempatan kerja, pemerataan pembangunan, kualitas pembangunan, jaring pengaman sosial, komitmen anti korupsi, dan komitmen antimafia.

Pembangunan IKN Nusantara

Photo :
  • Dok. PUPR

KPU RI, pada 13 November, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pemilu Presiden 2024 pada 14 November, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya