KPU Fasilitasi Capres-Cawapres Bertemu Kemenkeu dan Bappenas Agar 'Tak Kosong' saat Debat

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari
Sumber :
  • Ist

Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari mengungkapkan bahwa pihaknya dapat memfasilitasi capres-cawapres 2024 bertemu dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Ditekankan Hasyim, kebijakan itu untuk membantu pasangan calon (paslon) dalam mempersiapkan materi visi dan misi terkait dengan kemampuan anggaran dana penyelenggaraan negara. Sehingga, lanjut Hasyim, informasi yang disampaikan peserta debat menjadi valid sesuai dengan data terkini.

Tiga Paslon Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA
Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

"Visi dan misi kemudian di-breakdown (perincian) ke dalam program itu. Hal ini berkaitan dengan anggaran negara. Oleh karena itu, penting ketika ingin menyusun rencana lima tahun ke depan itu, kan berdasarkan ketersediaan anggaran negara (APBN)," kata Hasyim di Kantornya, Kawasan Menteng, Jakarta, Kamis, 30 November 2023.  

Hasyim menjelaskan bahwa pihaknya sudah bertemu dengan tim dari masing-masing paslon, kemudian pihaknya menyampaikan hal tersebut. Dengan begitu, tegas Hasyim, jadwal pertemuan dengan Bappenas segera diatur.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Anies-Muhaimin nomor urut 1 di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Selain Bappenas, KPU juga memfasilitasi pertemuan dengan Kemenkeu, guna membahas hal yang sama, dalam memperkaya informasi bagi paslon dalam menyusun target dalam 5 tahun ke depan.

Dikatakan juga bahwa pelaksanaan debat capres/cawapres sebanyak lima kesempatan di Jakarta. Debat pertama lokasinya di Kantor KPU RI, pada 12 Desember 2023. Seluruh kegiatan debat juga disiarkan secara langsung di sejumlah televisi nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya