Pakar Politik Sebut Tim Prabowo-Gibran Kampanye dengan Tindakan Konkret

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Tahapan kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 sudah tiga hari dijalani. Tiga tim pemenangan sudah bergerak mengoptimalkan dukungan untuk pasangan capres-cawapresnya.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Pakar politik Universitas Andalas Asrinaldi mengamati pergerakan tim pemenangan tiga pasangan capres cawapres. Salah satunya yang dilakukan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di hari pertama kampanye Pilpres 2024.

Meski duet Prabowo-Gibran belum kampanye, tapi menurutnya TKN melakukan pendekatan yang menarik perhatian publik. Upaya itu karena melakukan program konkret yang bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di hari pertama kampanye, TKN Prabowo-Gibran terutama yang di daerah membagikan paket makan siang gratis dan susu. Mereka juga beri bantuan gizi kepada masyarakat yang dilakukan secara serentak di sejumlah daerah.

Elite Gerindra Jelaskan Maksud Pesan Prabowo Jangan Ganggu Jika Tak Mau Kerja Sama

"Ini tindakan konkret. Dengan membagikan itu, ada rasa kedekatan emosional masyarakat yang menganggap seperti inilah presiden yang akan mereka pilih," kata Asrinaldi, Kamis malam, 30 November 2023.

Bagi dia, metode kampanye tim pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 itu berbeda dengan dua rivalnya saat hari pertama kampanye. Sebab, dua pasangan calon rivalnya lebih memilih kampanye dengan berkunjung ke daerah-daerah untuk menebar gagasan dan program kepada masyarakat.

"Pasangan lain mungkin pada tataran ide. Sekarang terserah masyarakat menilai mana lebih baik, ide saja atau konkretnya," jelasnya.

Sebelumnya, tim Prabowo-Gibran langsung meluncurkan gerakan sosialisasi program makan siang gratis untuk anak sekolah. Selain itu, pesantren dan bantuan gizi untuk anak dan Ibu Hamil.

Program tersebut diluncurkan secara serentak oleh TKN di seluruh Indonesia. Ketua TKN Rosan P. Roeslani bersama jajarannya langsung mengumumkan program tersebut.

“Hari ini, kita akan mulai Gerakan Sosialisasi Program Makan Siang Gratis untuk Anak Sekolah, dan Bantuan Gizi Serentak untuk Anak dan Ibu Hamil. Secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari nasional oleh TKN, dan di daerah di masing-masing Tim Kampanye Daerah (TKD)," kata Rosan P. Roeslani, Selasa, 28 November 2023.

Menurut Rosan, dengan gerakan serentak tim kampanye diharapkan bisa jadi gambaran bagi masyarakat jika kelak Prabowo-Gibran terpilih. Dia juga berharap program makan siang dan susu gratis hingga bantuan gizi ini bisa terealisasikan dengan baik.

Dia menuturkan program makan siang gratis dan bantuan gizi ini merupakan salah satu program utama dari Prabowo-Gibran.

Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres sebagai kontestan Pilpres 2024. Tiga pasangan yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 dimulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Selama 75 hari, tiga pasangan capres cawapres punya waktu untuk mensosialisasikan visi misinya. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya