Tepis Tudingan Gibran Takut Debat, Hatta Rajasa: Beliau Pernah Memimpin Wali Kota

Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace

Jakarta - Dewan Pembina Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hatta Rajasa menepis tudingan bahwa cawapres Gibran Rakabuming Raka takut mengikuti debat capres-cawapres 2024.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Hatta meyakini Gibran memiliki kemampuan mumpuni terlebih kini mengemban jabatan sebagai Wali Kota Solo. Dia juga beranggapan bahwa gagasan yang akan disampaikan Gibran dan capresnya, Prabowo Subianto sangat baik.

"Saya tidak mengunderestimate kemampuan Gibran ya, karena beliau sudah pernah memimpin wali kota. Narasi-narasinya kan cukup baik dan memiliki gagasan. Kalau gagasan yang akan disampaikan tentu gagasan bersama," ucap Hatta kepada wartawan, dikutip Minggu, 3 Desember 2023.

Gibran Bareng Sandiaga Nobar Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Solo

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Menurut Hatta, tidak ada hal yang akan membuat Gibran takut menghadapi debat capres-cawapres. Sebab, Gibran diyakini telah menguasai penuh visi-misi yang diusung pasangan capres-cawapres nomor urut dua itu.

PKB Hormati Sikap Gelora yang Tolak PKS Gabung ke Prabowo-Gibran

"Jadi tidak ada sesuatu yang membuat Gibran menjadi gagap, tidak ada, karena mereka sangat menguasai visi dan misi capres dan cawapres itu," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menjawab tudingan bahwa dirinya takut menghadiri debat. Gibran dengan tegas menyatakan siap menghadiri debat capres-cawapres 2024. 

Rencananya, debat perdana capres-cawapres akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 12 Desember 2023.

"Iya ntar datang pas debat resmi," kata Gibran kepada wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Desember 2023. 

Gibran Rakabuming Raka saat ditemui di Balai Kota Solo

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Saat ditanya mengenai persiapan debat capres-cawapres, Gibran enggan memberikan bocoran. Wali Kota Solo itu hanya meminta doa agar debat capres-cawapres 2024 itu berjalan dengan lancar.

"Sudah-sudah ya, doakan lancar. Makasih," singkatnya.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merilis jadwal terbaru debat capres dan cawapres 2024. Debat keseluruhan akan dihelat lima kali, dan yang pertama digelar pada 12 Desember 2023.

Dalam rilis terbarunya, ada satu jadwal debat yang diralat tanggalnya, yakni pada debat keempat. Awalanya debat keempat disebutkan digelar pada 14 Januari 2024, namun berganti menjadi tanggal 21 Januari 2024.

"Tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024," kata Ketua Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU RI August Mellaz kepada awak media dikutip Jumat, 1 Desember 2023. 

Debat capres dan cawapres bakal dilakukan kesemuanya di Jakarta. KPU menilai ada beberapa faktor debat tak digelar di luar Jakarta, salah satunya terkait mobilisasi.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menuturkan bahwa debat pertama akan digelar di kantor KPU RI. Berikut jadwal debat capres-cawapres terbaru dari KPU:

1. Selasa, 12 Desember 2023

2. Jumat, 22 Desember 2023

3. Minggu, 7 Januari 2024

4. Minggu, 21 Januari 2024

5. Minggu, 4 Februari 2024

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya