Said Aqil: Mahfud MD Profesor Ahli Tata Negara, Dulu Gus Dur Kagum pada Beliau.

Mantan Ketum PBNU Said Aqil bertemu dengan bacapres Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Mantan ketua umum Nahdlatul Ulama (NU) Said Aqil Siroj meyakini bahwa calon wakil presiden Mahfud MD, bersama calon presiden pasangannya Ganjar Pranowo, bakal memenangkan Pemilu Presiden 2024.

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

"Pak Mahfud MD sahabat saya, orang Madura, Jawa Timur, sekarang masih menjabat sebagai Menko Polhukam, insyaallah akan memenangkan dan menjadi wakil presiden Republik Indonesia pada tahun 2024," kata Said Aqil dalam acara Sholawat Persatuan Indonesia di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu malam, 2 Desember 2023.

Said Aqil pun menukil fikih siyasah dalam kitab al-Ahkam al-Sultaniah karya al-Mawardi tentang kreteria yang harus dimiliki oleh calon pmimpin, di antaranya harus berilmu, pintar, dan cerdas. "Pak Mahfud pintar, tidak? Cerdas, tidak? Profesor doktor ahli tata negara, dulu Gus Dur juga kagum pada beliau," ujarnya.

Nasdem Akan Hormati Putusan MK Soal Sengketa Hasil Pilpres

Selanjutnya, kriteria seorang calon pemimpin, menurutnya, juga harus berlaku adil kepada masyarakat, tidak tebang pilih, dan tidak pandang bulu dalam menegakkan keadilan.

Gelar Syawalan di Sleman, Mardiono: Minta Doanya Agar PPP Dapat Keadilan

"Pak Mahfud kira-kira pemimpin yang akan menegakkan keadilan, tidak? Insyaallah. Kalau Pak Mahfud jadi wakil presiden akan memberantas korupsi dan melakukan perbaikan," katanya.

Calon wakil presiden Mahfud MD di Pondok Pesantren Sulaiman, Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu, 2 Desember 2023.

Photo :
  • IST

Kreteria selanjutnya, calon pemimpin harus tidak tamak dan tidak rakus. Menurut al-Mawadi, katanya, pemimpin harus berani dan tidak penakut. "Qulil haqqa walau kana murran; akan menyampaikan kebenaran walau konsekuensinya sangat berat dan tidak disenangi orang."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya