Temui Sri Sultan HB X, Sekjen PSI Raja Juli: Mohon Maaf Atas Keriuhan Ulah Ade Armando

Sekjen DPP PSI Raja Juli menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.
Sumber :
  • PSI

Jakarta – Sekretaris Jenderal DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kamis, 7 Desember 2023. Pertemuan itu dilakukan untuk penandatangan MoU sekaligus membicarakan keriuhan yang terjadi buntut pernyataan Ade Armando.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

Ade Armando yang merupakan kader PSI diketahui menyampaikan pernyataan kontroversial terkait dinasti politik di Yogyakarta. 

Dalam kesempatan itu, Raja Juli menyampaikan permohonan maaf atas pernyataan Ade Armando. Raja Juli juga menegaskan sikap Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep yang meminta kadernya untuk keluar dari partai jika tak taat pada konstitusi.

Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

"Saya memulai pembicaraan dengan mohon maaf kepada beliau karena keriuhan beberapa hari ini karena ulah Ade Armando," kata Raja Juli dalam keterangannya, Kamis, 7 Desember 2023.

Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni

Photo :
  • VIVA/Dhana Kencana
Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

"Saya sampaikan juga sikap tegas Ketum PSI, Mas Kaesang Pangarep, bahwa PSI adalah partai yang taat konstitusi, UUD dasar UU jelas-jelas menjamin keistimewaan DIY. Siapa saja kader PSI, yang tidak percaya UUD dan UU, termasuk Bang Ade Armando, silakan keluar dari PSI," ujarnya menambahkan.

Ngarso Dalem, kata Raja Juli, juga mengikuti pemberitaan Ade Armando dan sikap tegas dari Kaesang. Mereka, kata Raja Juli, menganggap masalah yang ditimbulkan Ade Armando sudah selesai.

"Beliau menganggap masalah ini sudah selesai, jangan diperbesar, biarkan saja berlalu mengikuti waktu tanpa perlu ada pernyataan dan aksi baru yang justru akan memicu kericuhan baru di tengah masyarakat," ujarnya.

Raja Juli lantas menyampaikan terima kasih atas kebijaksanaan Ngarso Dalem menyikapi kasus Ade Armando.

"Saya sangat menghargai keluasaan hati dan kebijaksanaan Ngarso Dalem. Pertemuan singkat tapi sangat bermakna sebagai pelajar bagi saya sebagai junior jauh beliau," ujar Raja Juli.

Sebelumnya hal terkait politik dinasti ini disampaikan Ade saat mengkritik aksi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI) yang melakukan aksi terkait penolakan politik dinasti di DIY.

Dia menyoroti kaus yang digunakan para mahasiswa bertuliskan ‘republik rasa kerajaan’ yang dikenakan saat aksi di Yogyakarta. Ade merasa miris, pasalnya aksi tersebut digelar di tempat yang ia anggap sebagai implementasi dari politik dinasti.

“Ini ironis sekali, karena mereka justru sedang berada di sebuah wilayah yang jelas-jelas menjalankan politik dinasti dan mereka diam saja,” ucap Ade di akun X pribadinya @adearmando61.

“Politik dinasti sesungguhnya adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Gubernurnya tidak dipilih melalui pemilu, gubernurnya adalah Sultan Hamengkubuwono X yang menjadi gubernur karena garis keturunan,” sambungnya.

Namun, ia meminta maaf setelah menyatakan dinasti politik sesungguhnya ada di pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Permintaan maaf tersebut diutarakan Ade Armando melalui akun Instagram pribadinya @adearmando_official Minggu, 3 Desember 2023.

"Melalui video ini saya mau menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya, seandainya video saya terakhir tentang politik dinasti telah menimbulkan ketersinggungan dan kegaduhan terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta,” ucap Ade Armando seperti dilihat Senin, 4 Desember 2023.

“Saya sudah mendengar akan ada aksi tangkap ade Armando dan rencana untuk mendatangi PSI Yogyakarta,” sambungnya

Mencegah hal itu terjadi, Ade menegaskan bahwa apa yang disampaikan terkait politik dinasti tersebut hanya pandangan pribadinya dan tidak memiliki sangkut paut dengan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PSI maupun Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PSI Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya