Masyarakat yang Puas Kinerja Jokowi Mayoritas Pilih Prabowo-Gibran, Hasil Survei LSI Denny JA

Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo
Sumber :
  • Dokumentasi Kemhan

Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA, merilis hasil survei terkait ke mana suara masyarakat yang merasa puas terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo, di pemilu presiden atau Pilpres 2024. 

Momen Akrabnya Ibu Negara Iriana dengan Selvi Ananda

Hasilnya, LSI Denny JA menemukan kalau mayoritas merek yang puas dengan pemerintahan Presiden Jokowi, memilih pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

"Pemilih-pemilih yang puas terhadap Jokowi atau pemilih Jokowi misalnya, itu 46,1 persen dukungannya terhadap Prabowo-Gibran," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam paparannya, Senin 11 Desember 2023. 

Approval rating Jokowi tembus 77%, Ini Faktor Pemicunya Versi Polling Institute

Sementara itu, pemilih Presiden Jokowi yang menjatuhkan pilihannya ke pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD sebesar 28,9 persen. Untuk pasangan calon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) diurutan ketiga dengan angka 15,7 persen.

"Jadi pemilih-pemilih yang puas terhadap Jokowi itu mayoritas mendukung Prabowo-Gibran," kata dia. 

Jokowi Tunjuk Juri Ardiantoro dan Grace Natalie jadi Stafsus Presiden

Sementara, untuk pemilih yang tidak puas terhadap kinerja Presiden Jokowi cenderung lebih memilih pasangan calon nomor urut 1, yaitu Anies-Cak Imin diangka 56,8 persen. 

"Ini memang mayoritas memilih Anies-Muhaimin. Angkanya 56,8 persen untuk mereka. Untuk Prabowo-Gibran 30,8 persen urutan kedua, dan urutan ketiga ada Ganjar-Mahfud di angka 10,1 persen,"  jelasnya.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada periode 20 November hingga 3 Desember 2023. Sementara untuk metode sampling yang digunakan ialah Multistage Random Sampling. Responden yang berpartisipasi dalam survei itu sebanyak 1.200 responden.

Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan survei LSI Denny JA ini dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya