Anies Singgung Generasi Z yang Kritik Pemerintah Justru Dihadapi Kekerasan

Capres Nomor 01 Anies Baswedan saat menyampaikan visi-misi debat capres
Sumber :
  • Tangkapan layar KPU

Jakarta – Capres nomer urut satu, Anies Baswedan dalam paparan visi misi debat perdana capres turut menyinggung kalangan anak muda yang masih peduli dengan pemerintahan di Indonesia. Dia pun sempat menyindir kalangan milenial jadi cawapres

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Anies menuturkan hal itu tak akan diulanginya jika terpilih jadi Presiden RI. Lalu, eks Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan bebas berpendapat untuk kalangan muda itu juga diperlukan.

Namun, ia menyindir anak muda seperti mahasiswa saat ini yang melontarkan pendapat kritik ke pemerintah justru direspons dengan kekerasan seperti gas air mata.

Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

"Tetapi ada ribuan di dunia generasi z yang peduli pada anak bangsa yang peduli pada mereka yang termarjinalkan ketika mereka mengungkapkan pendapat ketika mereka mengkritik pemerintah justru mereka sering dihadapi dengan kekerasan, dihadapi dengan gas air mata," kata Anies di KPU, Selasa 12 Desember.

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Olga Pura-pura Meninggal Agar Lolos dari Maut

Anies menuturkan tidak akan membiarkan hal tersebut kembali terjadi. Kemudian, dia menyinggung sosok yang menjadi korban pelanggaran HAM.

"Apakah kondisi ini akan dibiarkan? Tidak kita harus lakukan perubahan, oleh karena itu saling memperhatikan beberapa hal yang mendasar yang terdapat kita menyaksikan pada saat ini ada peristiwa seperti peristiwa Ibu Mega," jelas Anies.

Dia pun menyinggung nama seorang warga negara bernama Mega Suryani Dewi.

"Ibu Mega Suryani Dewi yang mengalami kekerasan rumah tangga, yang meninggal korban kecelakaan, apakah akan dibiarkan tidak, ini harus diubah," lanjut Anies

Anies sebelumnya dalam paparan visi misinya juga singgung penegakan hukum yang tumpul ke atas tapi tajam ke bawah. Menurut dia, dalam negara hukum tak boleh terjadi demikian.

Jadwal Lengkap Debat Pilpres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bakal segera menggelar debat pertama capres-cawapres untuk Pilpres 2024 pada Selasa, 12 Desember 2023 di Kantor KPU RI. Debat capres pertama ini akan dilaksanakan hari ini mulai pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara langsung di TVRI. 

Selain itu, menurut jadwal yang dibagikan KPU RI, Debat perdana tersebut akan membahas tema mengenai "Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga".

Dalam debat kali ini, KPU sudah menunjuk 11 nama panelis untuk debat perdana calon presiden dan wakil presiden pada Selasa, 12 Desember 2023 hari ini. Mereka yang ditunjuk sebagai panelis tersebut adalah sosok yang kompeten di bidangnya.

Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023

• Tema debat (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023

• Tema debat (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024

• Tema debat (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024

• Tema debat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024

• Tema debat (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya