CEK FAKTA PILPRES 2024: Prabowo Sebut Jokowi Presiden Paling Banyak ke Papua

Debat Capres-Cawapres Pertama Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto memberikan pemaparan dalam debat pertama Calon Presiden Pemilu Tahun 2024 yang digelar di KPU, Selasa malam 12 Desember 2023, saatv Agus Riewanto, Pakar Hukum Tata Negara Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), memberikan pertanyaan tentang tema HAM.

Prabowo Bilang Bung Karno Bukan Milik Satu Partai, Elite PDIP Beri Penjelasan Begini

Setelah Ahmad Taufan Damanik mengambil bola yang berisi dengan pertanyaan HAM, dia pun bertanya: “beberapa tahun terakhir tren kekerasan meningkat di Papua dan tidak terselesaikan, saat ini konflik masih berlanjut. Apa strategi tentang HAM di Papua secara kohferensif?”

Debat Capres-Cawapres Pertama Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Menikah, Rizky Febian dan Mahalini Dapet Karangan Bunga dari Jokowi

Kemudian Prabowo menjawab mengenai masalah HAM di Papua sudah ada sejak lama dan menyebut mengenai kelompok separatis dan adanya intervensi asing:

“Masalah Papua adalah, rumit karena di situ ada gerakan separatisme, kita sudah ikuti sejak lama, ada campur tangan asing, bahwa kekuatan tertentu ingin Indonesia disintegrasi dan pecah. Kita harus lindungi rakyat Papua, karena di situ kelompok-kelompok teroris sudah menyerang rakyar sipil, orang tua, anak-anak, perempuan sudah diserang,” ujar Prabowo dalam pemaparannya.

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

Kemudian Prabowo menyebut bahwa Presiden Jokowi merupakan pemimpin paling sering ke Papua sebanyak 19 kali, dan ekonomi paling pesat dalam sejarah paling tinggi republik Indonesia. “Kami akan melakukan service terbaik untuk rakyat dan menjamin penegakan Hak Rakyat Papua,” tambahnya.

Betulkah Klaim Kunjungan Presiden Jokowi Terbanyak ke Papua?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama kawasan industri pupuk di Kabupaten Fakfak, Papua Barat pada Jumat, 24 November 2023.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.

Faktanya, diberitakan oleh Antara, bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada pertengahan tahun 2023 menyambangi Papua untuk melakukan kunjungan kerjanya. Kunjungan itu merupakan lawatan ke-17 bagi orang nomor satu di Indonesia itu ke Bumi Cenderawasih.

Dilansir dari laman Kominfo, Selasa 12 Desember 2023, mayoritas mantan presiden mulai dari Soeharto, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, hingga Susilo Bambang Yudhoyono tercatat pernah menginjakkan kaki di tanah Papua. Hanya saja, tidak ada data yang cukup apakah mereka pernah datang ke Kabupaten Nduga atau tidak.

Presiden Soeharto datang pertama kali ke Irian Barat (nama sebelum Papua) pada 1969 dan 1973. Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, datang ke Papua pada 1999 dan 2000. Presiden Megawati Soekarnoputri mengunjungi Kota Jayapura pada perayaan Natal 25 Desember 2003. Terakhir, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah beberapa kali berkunjung ke Papua, yaitu pada 2010, 2012, dan 2014.

Jadi benar pernyataan Prabowo mengenai presiden Joko Widodo merupakan presiden yang paling banyak berkunjung ke Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya