Jazilul Bicara Kans UAS Masuk Timnas Amin

Capres Anies Baswedan bermalam di kediaman UAS di Kampar, Riau
Sumber :
  • Dok Alnofiandri Dinar

Jakarta – Asisten coach Tim Nasional Pemenangan (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin) Jazilul Fawaid buka suara soal dukungan dari Ustad Abdul Somad (UAS) kepada Anies-Cak Imin di pilpres 2024.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

Dia menyebutkan kalau dukungan dari UAS itu merupakan hal yang penting untuk pasangan Amin. Sebab UAS dikenal sebagai ulama yang berpengaruh di Tanah Melayu dan Indonesia.

"Ustaz Abdul Somad yang berpengaruh di Tanah Melayu, bukan hanya di Tanah Melayu tapi di seluruh Indonesia, yang dianggap memiliki ketegasan sikap, tulus dalam perjuangan," ujar Jazilul kepada wartawan di Jakarta Selatan, Jumat 15 Desember 2023.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid bersama petinggi PKB.

Photo :
  • istimewa

Maka itu, Jazilul menjelaskan kans bergabungnya UAS ke jajaran Timnas Amin. Pasalnya, UAS bisa memuluskan gagasan yang telah dibawakan oleh pasangan Anies-Cak Imin.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

"Saya pikir bukan masuk atau tidak dalam Timnas, nggak penting buat UAS dan itu juga tidak penting buat masyarakat Indonesia," kata Jazilul.

Dia menjelaskan bahwa nantinya UAS bisa mengajak masyarakat untuk memilih Anies-Cak Imin. Dia mengklaim UAS bisa memberi inspirasi bagi Timnas Amin dan Amin itu sendiri.

"Ustaz UAS sebenarnya memberikan inspirasi. Beliau bukan jurkam, beliau bukan juga Timnas, beliau ulama, tetap ulama," jelas dia.

"Nanti kalau Pak Anies, Pak Muhaimin menang, ada Ustaz UAS di situ yang mengingatkan," lanjutnya.

Ustaz Abdul Somad (UAS) dukung Anies Baswedan

Photo :
  • Dok Alnofiandri Dinar

Sebelumnya diberitakan, Ustaz Abdul Somad (UAS) telah menyatakan sikap bahwa dirinya akan mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin). Dia menyatakan sikapnya karena telah sepakat bertukar cindramata berupa jaket bertuliskan Amin.

Pernyataan sikap Abdul Somad itu karena beberapa kali mendapat pertanyaan di sosial medianya. Maka itu, ketika melakukan pertemuan dengan Anies di Riau pada Rabu 13 Desember 2023 menjadi jawaban kemana arah politik Abdul Somad.

"Kan capek saya jawab. Nah ini (bertemu Anies), heheheh. Ini sekali dayung 2 3 pulau terlampau, UAS berkontribusi dalam pesta demokrasi republik indonesia 14 Februari 2024 gunakan hak pilih 5 menit di TPS menentukan nasib bangsa 5 tahun ke depan," ujar Abdul Somad kepada wartawan dikutip Kamis 14 Desember 2023.

Abdul Somad mengatakan bahwa memang dirinya kerap bertemu dengan Anies di setiap acara pengajian. Dia pun pernah duduk bersama dengan Anies di salah satu acara.

Kemudian, pernyataan sikap Abdul Somad itu juga didasari dengan bertemu sang ibu Anies Baswedan yakni Aliyah Rasyid.

"Saya datang ke rumah beliau saya datang saya makan saya ketemu saya melepas kangen, beliau baru datang sekali ini. Jadi artinya mestinya berkali-kali datangnya jadi persahabatan ini memang sudah lama," kata UAS.

"Maka kalau dia tak sesuai dia akan menjauh, begitulah perasaan, perasaan saya mendoakan beliau supaya sehat. Karena wnergi keliling indonesia ini syaa merasakan sendiri, tentu beban beliau lebih berat daripada saya yang datang tausiah selesai, tapi beliau segala macam, kita doakan beliau sehat wal alfiat, bisa memimpin indonesia ke depan," imbuhnya.

Anies Baswedan bermalam di kediaman UAS di Kampar, Riau

Photo :
  • Dok Alnofiandri Dinar

Sementara itu, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirimya bersyukur mendapatkan dukungan dari UAS. Dukungan tersebut didapat usai sang ibu mengajak bertemu dengan UAS.

"Jadi beliau sudah lama meniatkan untuk bisa berkunjung bersilaturahmi ke tempat UAS waktunya sudah agak panjang dan kemudian hamdalah hari ini tanggal 13 Desember niat itu tertunaikan," kata Anies.

"Jadi ini adalah pertemuan antara ibu dan UAS yang kemudian antar kita memang sudah terbangun silaturahmi persaudaraan yang sudah panjang hanya selama ini kami belum berkesempatan untuk membalas kunjungan UAS dan malam hari ini hamdalah niat itu tertunaikan," lanjutnya.

Anies juga menjelaskan bahwa pertemuan dengan UAS berlangsung sangat panjang. Obrolan tersebut juga sedikit menyinggung masa depan.

"Obrolannya panjang yang diniatkan sebentar jadi panjang. Tapi semuanya menyangkut tentang ya pengalaman perjalanan hidup sekaligus juga refleksi untuk kita ke depan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya