Kunjungi Kalimantan, Gibran Tekankan Pembangunan Indonesia Tak Lagi Jawa Sentris

Awali Kampanye di Kalimantan, Gibran Blusukan Pasar di Balikpapan
Sumber :
  • Istimewa

Balikpapan - Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka melakukan kampanye di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu, 16 Desember 2023. Dalam kegiatannya itu, Gibran menekankan pentingnya pemerataan ke seluruh wilayah di Indonesia, tidak hanya di Jawa.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

"Makanya kan sekarang kita fokus yang namanya pemerataan pembangunan yang tidak lagi Jawa sentris," kata Gibran di Kafe Open House, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pemerintah, katanya, harus berupaya keluar dari middle income trap atau negara dengan pendapatan menengah. Jika bisa, itu memberikan nilai tambah bagi Indonesia dan Indonesia akan menjadi negara maju.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Debat Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu juga menekankan bahwa dia dan Prabowo Subianto akan fokus dan melanjutkan hilirisasi jika memenangkan Pemilu Presiden 2024.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Selain itu, peningkatan industri kreatif juga akan dilakukan Gibran bersama Prabowo kelak jika menang Pilpres. "Kita fokus hilirisasi, kita fokus juga menaikkan industri kreatif, UMKM, soalnya mereka pelaku usaha," ujarnya.

Mengenai blusukannya ke pasar pada Sabtu pagi, Gibran mengaku hanya mengecek harga jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Mayoritas pedagang kata dia mengambil barang dari Jawa Timur dan Sulawesi.

"Ini kan Balikpapan. Kebanyakan beliau-beliau pedagang tadi mengambil barang dari Jawa Timur, kalau ikan-ikan dari Sulawesi dan sekitarnya. Kita intinya ingin ngecek harga aja, akhir tahun ini seperti apa ya," ujar Gibran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya