Fadli Zon Sebut Prabowo Kandidat yang Tampil Autentik Apa Adanya

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon
Sumber :
  • Instagram @fadlizon

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai dari tiga kandidat capres yang menyampaikan gagasan dalam debat pertama beberapa waktu lalu, Prabowo yang paling autentik. Bahkan, Fadli memuji sikap Prabowo yang tidak terlalu membalas capres lain.

Rocky Gerung Minta Anies Jangan Nyagub Lagi: Itu Lebih Bermutu, Ngerti Etika Politik

Hal itu disampaikan Fadli mengingat debat perdana capres yang masih menjadi perbincangan hingga sekarang. 

"Terkait isi dan jalannya debat, ada satu poin penting yang ingin saya garis bawahi. Dari tiga kandidat, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto bisa tampil autentik apa adanya. Ada yang bilang, Prabowo satu-satunya kandidat yang bukan plastik. Saya sepenuhnya setuju dengan perumpamaan tersebut," kata Fadli Zon dalam keterangannya, Senin, 18 Desember 2023.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon

Photo :
  • DPR RI

Selama 30 tahun kenal Prabowo, ia menyebutkan, Menteri Pertahanan itu tidak ingin menampilkan pencitraan. Padahal, Prabowo bisa saja membalas pertanyaan Ganjar Pranowo yang dipandang tendensius.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

"Saat menjawab pertanyaan insinuatif dari Ganjar Pranowo atas kasus pelanggaran HAM, misalnya, dengan lugas Prabowo menjawab bahwa dia tak pernah punya persoalan dengan semua tuduhan itu. Kalau ada persoalan, maka tak mungkin sebagian besar aktivis 1998 mau duduk di belakangnya pada debat malam itu. Untungnya Prabowo tak bilang bahwa Ganjar Pranowo pun ikut menjadi tim pemenangannya tahun 2009 ketika Mega-Prabowo,” kata Fadli Zon. 

Fadli mengaku, dia merupakan saksi dan penulis “Perjanjian Batu Tulis” tahun 2009 ketika Megawati hanya mau maju kalau calon wapresnya adalah Prabowo Subianto. 

“Ganjar ketika itu menjadi bagian dari tim sukses. Saya menjadi Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Mega-Prabowo dan Hasto Kristiyanto menjadi wakil sekretaris saya," kata Fadli menambahkan.

Mantan Wakil Ketua DPR RI itu menambahkan, jika tudingan persoalan HAM benar adanya, semestinya Mahfud MD telah membereskan hal itu sebagai pejabat eksekutif. Fadli menyingung posisi Mahfud yang juga sempat mendukung pemenangan Prabowo di Pilpres lalu.

"Jika ia memang dituduh punya persoalan HAM, maka calon wakilnya Ganjar Pranowo, Prof. Dr. Mahfud Md, yang kebetulan menjabat sebagai Menkopolhukam, seharusnya telah membereskan persoalan tersebut," ujarnya.

Fadli mengatakan, jika Prabowo memiliki masalah HAM, tidak mungkin Mahfud Md menjadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta di Pilpres 2014. Karena itu, menegaskan Prabowo sosok paling otentik saat debat perdana di KPU.

"Kalau Prabowo punya masalah, tak mungkin juga Mahfud Md mau menjadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta pada Pilpres 2014. Saya yang waktu itu meminta dan mengusulkan Mahfud Md sebagai ketua tim. Dan saya ditunjuk sebagai sekretaris tim yang sehari-hari bekerja sama dengan Mahfud Md berjuang memenangkan Prabowo-Hatta," ujarnya. 

Fadli menambahkan, Prabowo tidak bakal menggunakan cara menyerang dalam debat. Ia menyebutkan, walaupum sering dikhianati, Prabowo tetap berusaha untuk menahan diri.

"Prabowo tak pernah menyerang atau menjatuhkan orang di depan publik, meskipun terhadap orang yang pernah menyakiti, mengkhianati, atau mengecewakannya. Mungkin mudah bagi kita untuk menahan diri, karena kita tak pernah disakiti, dikhianati, atau dikecewakan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya