Petinggi Demokrat Andi Arief Sebut Debat Cawapres Cuma Pepesan Kosong

Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat Andi Arief
Sumber :
  • Galih Purnama (VIVA)

Jakarta - Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Andi Arief menyebut forum debat calon wakil presiden (cawapres) Pemilu Presiden 2024 hanyalah sebuah pepesan kosong. Pasalnya, bila nanti cawapres terpilih menjadi wakil presiden, dia tidak punya kebijakan untuk melakukan sebuah terobosan. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Menurut UUD, wapres itu ban serep. Tidak punya tanda tangan kebijakan," kata Andi Arief dalam cuitannya dalam akun X @Andiarief__, Selasa, 19 Desember 2023. 

Menurut Andi Arief, jika nantinya presiden menugaskan seorang wakil presiden, yang bersangkutan tetap tidak bisa memiliki kebijakan apapun. "Kalau presiden menugaskan kewenangan, itu bagian kewenangan presiden. Debat cawapres itu pepesan kosong. Banyak yang lupa wapres itu hanya ban serep," ujarnya.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Debat cawapres atau debat kedua pilpres 2024 bakal digelar KPU di Jakarta Convention Center, Jakarta, 22 Desember 2023. Tema debat yang akan dibahas meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Peserta debat ialah para cawapres, antara lain Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuking Raka, dan Mahfud Md. Kendati itu debat khusus cawapres, para calon presiden masing-masing bakal ikut mendampingi. 

KPU RI menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya