Gibran Slepet Cak Imin: Dulu Potong Tumpeng di IKN, Kenapa Jadi Gak Konsisten?

Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta – Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyentil Muhaimin Iskandar dalam debat Cawapres di JCC Jumat malam. Mulanya, Cak Imin mengkritik proses pembangunan Ibu Kota Negara yang menelan biaya cukup besar dan banyak menghabiskan APBN.

Daftar Capres Iran Pengganti Ebrahim Raisi Diumumkan 11 Juni

Menurut Muhaimin daripada dibangun IKN, anggaran yang besar tersebut lebih baik digunakan untuk membangun sekolah di seluruh Indonesia khususnya di Pulau Kalimantan. Namun pernyataan Cak Imin itu ditanggapi oleh Gibran dengan menyebut Cak Imin tak Konsisten.

"Saya ingat sekali, Gus Muhaimin dulu sempat ikut meresmikan dan potong tumpeng di IKN, ini gimana ini nggak konsisten," kata Gibran, di Jakarta Convention Center Jumat malam 22 Desember 2023.

KPU Sebut Jumlah Pemilih di Tiap TPS Pilgub Jakarta Bisa Mencapai 600 Orang

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 o

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Gibran mengatakan, dulu Muhaimin yang juga Ketua Umum PKB setuju pembangunan IKN. Namun kini pendapatnya berubah setelah menjadi Cawapres Anies Baswedan.

KPU: Penonaktifan NIK Tak Berpengaruh ke DPT Pilgub Jakarta

"Dulu dukung sekarang nggak dukung karena menjadi wakilnya Pak Anies yang mengusung tema perubahan. Sekali lagi Gus, mohon maaf IKN ini bukan hanya membangun bangunan pemerintah," kata Gibran

"Tetapi sebagai simbol pemerataan pembangunan di Indonesia sebagai simbol transportasi pembangunan di Indonesia," ujarnya

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. 

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Debat Cawapres perdana ini, membahas mengenai ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya