Gibran: Hilirisasi Tingkatkan Daya Saing Produk Indonesia

Debat Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, hilirisasi adalah solusi konkrit terkait perdagangan antara Indonesia dengan negara lain.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Hal ini diungkapkannya saat menanggapi paparan dengan tema perdagangan, dari dua cawapres lainnya di debat cawapres yang diadakan KPU di JCC Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023. 

“Baik terima kasih paslon nomor urut dan 3 sudah bicara masalah diplomasi. Saya memberikan solusi yang konkrit saja dan yang paling konkrit yaitu hilirisasi,” kata Gibran. 

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ia mencontohkan bahwa solusi hilirisasi akan mampu memberikan nilai tambah dalam negeri seperti nikel, yang memberikan pemasukan sebesar 33 miliar US dollar usai dihilirisasi.

“Jadi kita jangan mau lagi mengirim barang mentah, kita harus mampu memberikan nilai tambah dalam negeri. Saya kasih contoh, nikel. Dulu sebelum ada hilirisasi kita ekspor hanya 3 miliar US Dollar dan sesudah hilirisasi bisa menjadi 33 miliar US Dollar. Ini saya baru bicara nikel lo pak, masih ada tembaga, bauksit, timah dan lainnya,” ungkap Gibran. 

Aturan Impor Produk Elektronik Buka Peluang Industri Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri

“Jadi jelas ya ini solusi yang paling konkrit, jelas, singkat, padat ya terima kasih,” ujar Gibran yang disambut teriakan riuh para pendukung.

Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Willy Aditya.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Dengan beralih mendukung Prabowo-Gibran apakah Nasdem juga akan mengajukan nama-nama kadernya untuk menjadi menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran setelah resmi nantinya?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024